Efektivitas Model Teams Games Tournament Dengan Media Puzzle Kata Dalam Menyusun Kalimat Tunggal Pada Siswa

Rahmawati, Lelly Nur'aini and Dr. Warsiman,, S.Pd., M.Pd. (2023) Efektivitas Model Teams Games Tournament Dengan Media Puzzle Kata Dalam Menyusun Kalimat Tunggal Pada Siswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan diadakanya penelitian ini untuk melihat efektivitas dari penggunaan metode team games tournament dengan media puzzle kata dalam menyusun kalimat tunggal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan model eksperimen melalui desain pre-experimental dan model desain one grup pretest-posttest. Seluruh siswa kelas VI SDN Ngumpakdalem IV yang berjumlah 20 siswa merupakan populasi dalam penelitian ini. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 5 pilihan ganda dan 5 uraian merupakan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan dua macam analisis statistika yaitu deskriptif dan inferensial. Dari penelitian tersebut ditemukan perbandingan dari nilai pretest ke postest mengalami peningkatan. Hasil analisis statistika deskriptif pada pretest didapat skor rata rata sebanyak 56,1 dan skor postest sebanyak 84,5 dengan variansi pretest 221,7 dan variansi posttest 108,7 dan perolehan standar deviasi pretest sebanyak 14,8 dan postets sebanyak 10,4. Analisis kedua menggunakan uji NGain didapat hasil 0,63 dengan kategori skor N-Gain tinggi. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode team games tournament dengan media puzzle kata memiliki pengaruh yang signifikan dan efektif untuk diterapkan sebagai penunjang hasil belajar siswa.

English Abstract

The purpose of this research was to see the effectiveness of using the single team games tournament method in Indonesian subjects. In this study, this type of research was used with an experimental model through the preexperimental design and the one group pretest-posttest design model. All 20 students of class VI at SDN Ngumpakdalem IV are the population in this study. While the student learning outcomes test consisting of 5 multiple choice and 5 descriptions is a data collection technique. Data analysis techniques use two kinds of statistical analysis, namely descriptive and inferential. From this study it was found that the comparison of pretest to posttest scores had increased. The results of the descriptive statistical analysis at the pretest obtained an average score of 56.1 and a posttest score of 84.5 with a pretest variance of 221.7 and a posttest variance of 108.7 and a pretest standard deviation of 14.8 and a posttest of 10.4. The second analysis using the N-Gain test obtained a result of 0.63 with a high NGain score category. So, it can be concluded that the use of the team games tournament method with word puzzle media has a significant and effective influence to be applied as a support for student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120325
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Teams Games Tournament, Puzzle Kata.Effectiveness, Teams Games Tournament, Word Puzzle.
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:26
Last Modified: 25 Oct 2023 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204007
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lelly Nur'aini Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item