Aridasarie, Zwesty and Sahiruddin, S.S., M.A., Ph.D. and Hamamah,, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (2023) Explicit Instructions of Formulaic Sequences in IELTS Speaking Preparation Class. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemahaman akan Formulaic Sequences (FS), yang merupakan unit multikata atau gabungan kata yang sering muncul bersamaan dalam percakapan praktis dalam Bahasa Inggris, seperti collocations, phrasal verbs, lexical bundles, dan idiomatic expressions memiliki tantangan tersendiri bagi para pembelajar di kelas persiapan tes IELTS. Beberapa penelitian mengungkap bahwa FS memiliki peran penting untuk mendorong kefasihan dan spontanitas berbahasa asing. Pada tes IELTS, kecakapan menggunakan collocations and ekspresi idiomatik, yaitu FS dalam penelitian ini, merupakan salah satu kriteria dalam memperoleh band 7 ke atas pada tes berbicara tersebut. Meskipun demikian, pengajaran FS belum pernah dilakukan secara eksplisit untuk mendukung terciptanya kefasihan dan spontanitas berbahasa tersebut. Pengajaran secara eksplisit telah terbukti secara efektif mampu meningkatkan pengetahuan dan kekayaan kosakata pembelajar yang nantinya berdampak pada peningkatan kompetensi berbicara. Penelitian ini menginvestigasi bagaimana FS diperoleh melalui model pembelajaran explicit instructions dalam kelas persiapan tes IELTS. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih sebagai metode dalam penelitian ini untuk memecahkan masalah kurangnya pengajaran FS yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan berbicara pada tes IELTS. Penelitian ini dilakukan di salah satu kelas persiapan tes IELTS yang terdiri dari 5 orang siswa dengan kemampuan Bahasa Inggris setara level B1, atau tingkat menengah, di salah satu lembaga belajar Bahasa Inggris yang bereputasi di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, tes berbicara, dan mini focus group discussion. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang positif terhadap pengenalan FS di kedua siklus PTK dan FS telah diperoleh secara maksimal oleh siswa di kelas yang dibuktikan dengan tes yang dilaksanakan di setiap akhir siklus intervensi. Explicit instructions yang diterapkan dalam setiap intervensi mengarah pada penggunaan FS yang lebih sering dalam memberikan respon terhadap pertanyaan di bagian 2 dari tes berbicara pada IELTS. Meskipun di akhir penelitian masih ditemukan masalah pada salah satu perolehan FS, FS secara umum telah terserap dengan baik dalam kemampuan berbicara siswa di kelas untuk mengarah pada terjadinya kefasihan dan spontanitas berbahasa. Mengingat penelitian ini masih menyisakan satu masalah perolehan FS, beberapa saran untuk penelitian selanjutnya diberikan oleh peneliti untuk perbaikan studi tentang FS dalam Bahasa Inggris. Penelitian selanjutnya perlu melibatkan jumlah partisipan yang lebih banyak dan mencakup beberapa level kecakapan Bahasa Inggris yang berbeda untuk memastikan apakah ada kaitan antara kemampuan dasar berbahasa Inggris siswa dapat mempengaruhi keberhasilan perolehan FS. Selain itu, penelitian berikutnya diharapkan mampu menghadirkan strategi pengajaran yang variatif untuk masalah perolehan idiomatic expressions.
English Abstract
Formulaic Sequences (FS), such as collocations, phrasal verbs, lexical bundles, and idiomatic expressions are known to be problematic for Indonesian learners preparing for an official IELTS Speaking Test. Relatively few studies revealed the importance of FS in second language proficiency to endorse native-like fluency and automaticity. In IELTS test, the mastery of using collocations and idiomatic expressions, that is FS in the study, was one of the criteria of achieving at least band 7 of the speaking test. However, the teaching of FS has not yet been done explicitly in many classroom practices to meet the level in fluency and automaticity. Explicit instructions were evident to be effective for learners to gain knowledge and vocabulary bank which later contribute to better speaking competence. The present study further investigates how the FS is acquired by employing explicit instructions in an IELTS speaking preparation class and to eventually ensure if the FS can promote fluency and automaticity. The classroom action research was chosen as a research method to solve the current issue of lacking FS in presenting speaking skill for IELTS test. One IELTS class consisting 5 students under B1 level of English proficiency in a reputable English course in Malang was involved in the study. The data were collected through observation, speaking tests, and a mini focus group discussion. The findings unveiled positive results towards the introduction of FS in both cycles and the FS was successfully acquired as evident from the test conducted at every cycle of the interventions. The explicit instructions represented in every intervention headed towards the more use of FS the students could present in their talk for IELTS speaking Part 2. Despite one remaining problem with one type of FS, the overall use of FS was already manifested in the students’ speaking practices to promote fluency and automaticity. Since the present study still left out one minor unsolved issue of FS, the suggestions were given to fill the void for further research or researchers of similar interest. The next study should be able to cover a wider scope of participants under different levels of English proficiency to determine whether or not the basic background of English competence may affect the successful acquisition of FS. In addition, the future research is expected to propose some other teaching strategies to deal with the acquisition of idiomatic expressions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423120008 |
Uncontrolled Keywords: | explicit instructions, formulaic sequences, IELTS vocabulary, IELTS speaking Part 2-model pembelajaran explicit instruction, formulaic sequences, kosakata IELTS, test berbicara IELTS bagian 2 |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics |
Divisions: | S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203998 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zwesty Aridasarie.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (13MB) |
Actions (login required)
View Item |