2023. Language Styles Used in Beauty Brand Slogan Advertisement.

Putri, Tiara Maulydia Adi and Sahiruddin, S.S., M.A., Ph.D. (2023) 2023. Language Styles Used in Beauty Brand Slogan Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, periklanan adalah taktik yang digunakan untuk mengkomunikasikan ide melalui media tertulis, lisan, atau visual dan menjadi strategi yang lebih efisien untuk presentasi dan pemasaran. Pengiklan dapat menentukan taktik persuasi yang relevan untuk diterapkan dalam pemasaran. Berhadapan dengan taktik persuasi ini, gaya bahasa menjadi salah satu pilihan dalam mempromosikan atau memasarkan ulasan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan make-up yang dikenal luas seperti Emina, Pixy, Make Over, Y.O.U, dan Wardah yang dipublikasikan di YouTube dan untuk mengetahui gaya bahasa yang paling dominan dalam menyampaikan pesan kepada pembaca dari sebuah merek kecantikan yang muncul dalam iklan YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori William Well (2009) mengenai sepuluh jenis gaya bahasa digunakan dalam penelitian ini. Dari 17 data iklan yang diperoleh dan dikumpulkan, penelitian ini mengungkapkan beberapa gaya bahasa: personifikasi, aliterasi, hiperbola, metafora, prolepsis, metonimia, dan eufemisme yang dianggap menjanjikan untuk membujuk konsumen membeli produknya. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa gaya bahasa yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa personifikasi, muncul sebanyak 5 kali dari total data yang terkumpul. Peneliti menarik kesimpulan bahwa gaya bahasa personifikasi direkomendasikan untuk digunakan dalam beberapa iklan merek kecantikan terutama di YouTube karena gaya bahasa ini dapat mendukung dan menghasilkan makna yang menarik yang dapat mempengaruhi minat pembaca dan membuat mereka membeli produk tersebut karena personifikasi dianggap sebagai metode yang paling efektif daripada pendekatan lainnya.

English Abstract

Nowadays, advertising is a tactic used to communicate ideas through written, spoken, or visual media and is becoming a more efficient strategy for presenting and marketing. Advertisers can decide relevant persuasion tactics to apply in marketing. Dealing with this persuasion tactics, language styles become one of the options in promoting or marketing product review. The purpose of this research is to identify and analyze the types of language styles used in widely known make-up advertisements for Emina, Pixy, Make Over, Y.O.U, and Wardah published on YouTube and to find out the most dominant language styles in conveying the messages to readers from a beauty brand appearing in YouTube advertisements. This research applied a descriptive qualitative approach. William Well’s Theory (2009) regarding the ten types of language styles was used in this study. Of the 17-advertising data obtained and collected, this research reveals several language styles: personification, alliteration, hyperbole, metaphor, prolepsis, metonymy, and euphemism as they are considered promising to persuade consumers to buy its products. In addition, this study also demonstrated that the most widely used language style is personification, appearing 5 times from the total data collected. The researcher draws the conclusion that personification style is recommended to be employed in some beauty brand advertisements especially on YouTube because this style can support and produce an engaging meaning that can affects the reader's interest and make them buy the product because personification is seen to be the most effective method than other approaches.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120297
Uncontrolled Keywords: Language Style, Slogan, Beauty Brand, Advertisement, Copywriting-Gaya Bahasa, Slogan, Brand Kecantikan, Iklan, Copywriting
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:54
Last Modified: 20 Oct 2023 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203973
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiara Maulydia Adi Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item