Heryanti, Tassya Putri and Dr. Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd. (2023) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Editorial di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA 5, IPS 3, dan IPS 4 di SMAN 10 Malang serta mengetahui level kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA dan IPS di SMAN 10 Malang dilihat dari hasil penilaian kemampuan berpikir kritis berdasarkan alur dimensi perkembangan dimensi bernalar kritis KEMENDIKBUD 2022. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan atau biasa yang disebut dengan Field Research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Bahasa, IPA, dan IPS di SMAN 10 Malang dengan jumlah 351 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik pengambilan Simple Random Sampling karena pengambilan sampel ini memberikan peluang yang sama terhadap setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5, IPS 3, dan IPS 4 di SMAN 10 Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik validitas dan reabilitas rubric penilaian berpikir kritis. Dari hasil penelitian yang telah ditentukan terkait kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA dan IPS di SMAN 10 Malang dalam penyusunan dan menciptakan teks editorial secara utuh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Dalam penilaian kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan alur dimensi bernalar kritis milik KEMENDIKBUD tahun 2022 ditemukan bahwa: 1) Pada kelas XII IPA 5 kelompok 1 mendapatkan nilai 90, kelompok 2 mendapatkan nilai 30, kelompok 30 mendapatkan nilai 30, kelompok 4 mendapatkan nilai 80, dan kelompok 5 mendapatkan nilai 40. 2) Pada kelas XII IPS 3 kelompok 1 mendapatkan nilai 30, kelompok 2 mendapatkan nilai 30, kelompok 3 mendapatkan nilai 40, kelompok 4 mendapatkan nilai 80, kelompok 5 mendapatkan nilai 40, dan kelompok 6 mendapatkan nilai 50. 3) Pada kelas XII IPS 4 kelompok 1 mendapatkan nilai 90, kelompok 2 mendapatkan nilai 90, kelompok 3 mendapatkan nilai 50, kelompok 4 mendapatkan nilai 90, dan kelompok 5 mendapatkan nilai 100. Berdasarkan analisis data untuk mengetahui level kemampuan berpikir kritis disimpulkan rata – rata yang paling tinggi adalah rata – rata nilai kelas XII IPS 4 dengan nilai 84 kategori sangat baik sedangkan rata – rata nilai yang paling rendah ada pada nilai kelas XII IPS 4 dengan nilai 45 kategori cukup. Lalu, rata – rata nilai kelas XII IPA 5 berada di tengah tengah dengan nilai 54 kategori cukup.
English Abstract
The study aimed to analyze the critical thinking skills of XII IPA 5, IPS 3, and IPS 4 students in SMAN 10 Malang and to know the level of critical thinking skills of XII grade XII IPA and IPS in SMAN 10 Malang as seen from the results of critical thinking skills assessment based on the developmental flow of the critical reasoning dimensions of the development dimensions of KEMENDIKBUD 2022. This research approach is quantitative research with a type of field research or common research called Field Research. The population of the study was all XII Language, IPA and IPS students at SMAN 10 Malang with 351 students. The sample in this study was taken using Simple Random Sampling technique because this sampling provides equal opportunities for each member of the population to become a sample member. The samples of this study were XII grade students IPA 5, IPS 3, and IPS 4 at SMAN 10 Malang. The data collection technique in this study is to use tests and documentation. The data analysis in this study is a technique of validity and reability of rubric critical thinking assessment. From the results of the study that have been determined regarding the critical thinking skills of students of grade XII IPA and IPS at SMAN 10 Malang in preparation and creating editorial text intact, it can be concluded that: In assessment of the critical thinking skills of students based on the critical reasoning dimensional flow of KEMENDIKBUD in 2022 it was found that: 1) In class XII IPA 5 group 1 got a score of 90, group 2 got a score of 30, group 30 got a score of 80, and group 5 got a score of 40. 2) In class XII IPS 3 group 1 get a value of 30, group 2 get a value of 30, group 3 get a value of 40, group 4 get a value of 80, group 5 get a value of 40, and group 6 get a value of 50. 3) In class XII IPS 4 group 1 gets a value of 90, group 2 gets a value of 90, group 3 gets a value of 50, group 4 gets a value of 90, and group 5 gets a value of 100. Based on data analysis to find out the level of critical thinking ability to conclude the highest average is the average class value of XII IPS 4 with a value of 84 categories is very good while the lowest average value is in the grade value of XII IPS 4 with a value of 45 categories enough. Then, the average grade XII IPA 5 is in the middle with a grade 54 categories enough.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120290 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, hasil pembelajaran, level berpikir kritis, analisis-critical thinking ability, learning outcomes, critical thinking level, analysis |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203965 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tassya Putri Heryanti.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |