Mardi, Seto Sindu and Supriono, S. Sos, M. AB (2023) Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Event Berbasis Budaya (Studi pada Grup Campursari di Kota dan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata menjadi bidang yang tidak bisa lepas dengan manusia karena setiap individu membutuhkan hiburan diluar pekerjaan mereka. Hampir semua kalangan masyarakat melakukan perjalanan dengan tujuan tertentu, salah satu tujuan mereka yaitu mendapatkan hiburan beserta pengalaman selama melakukan perjalanan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memahami bagaimana keadaan wisata event berbasis budaya di Kota dan Kabupaten Malang saat ini, penerapan strategi pemasaran wisata event berbasis budaya yang dilakukan grup campursari di Kota dan Kabupaten Malang dan memahami cara meningkatan daya tarik wisata event berbasis budaya di Kota dan Kabupaten Malang. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan Kota dan Kabupaten Malang memiliki berbagai macam destinasi, dimana dari destinasi tersebut bisa dikembangkan menjadi sebuah ajang event, seperti Malang Fashion Carnival, Malang Creativa, Padang Bulan, dan lain-lain. Selain itu, wisata event berbasis budaya dilakukan oleh beberapa grup kesenian campursari diantaranya Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, dan Gayeng Marem. Simpulan yang didapatkan indikator yang digunakan dalam pengukuran pencapaian strategi pemasaran diantaranya adalah tingkat daya tarik, optimalisasi keingintahuan, tingkat komitmen, dan tingkat afinitas. Berdasarkan beberapa indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa grup kesenian campursari Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, dan Gayeng Marem sudah memenuhi taraf indikator yang telah dirumuskan. Peningkatan daya tarik wisata event berbasis budaya dapat dilakukan dengan penggunaan aplikasi media sosial. Berdasarkan beberapa indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa grup kesenian Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, dan Gayeng Marem sudah memenuhi taraf indikator yang telah dirumuskan.
English Abstract
Tourism is a field that cannot be separated from humans because every individual needs entertainment outside of their work. Almost all people travel with a specific purpose, one of their goals is to get entertainment and experience while on a tourism trip. The purpose of this study is to find out and understand how the current state of culture-based event tourism in the City and District of Malang, the application of cultural-based event tourism marketing strategies by the Campursari group in the City and District of Malang and understand how to increase the attractiveness of culture-based event tourism in the City. and Malang Regency. The research method that will be used in this research is descriptive qualitative by using a qualitative approach. The results obtained by Malang City and Regency have various destinations, which can be developed into an event venue, such as Malang Fashion Carnival, Malang Creativa, Padang Bulan, and others. In addition, several cultural-based event tours are carried out by several campursari arts groups including Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, and Gayeng Marem. The conclusions obtained by the indicators used in measuring the achievement of marketing strategies include the level of attractiveness, optimization of curiosity, level of commitment, and level of affinity. Based on these indicators, it can be concluded that the mixed arts groups Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, and Gayeng Marem have fulfilled the indicator level that has been formulated. Increasing the attractiveness of culture-based event tourism can be done by using social media applications. Based on these indicators, it can be concluded that the performing arts group Singo Renggo Waskito Mbegedhut, Gita Nada Campursari, and Gayeng Marem have fulfilled the indicator level that has been formulated.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030247 |
Uncontrolled Keywords: | budaya; event; pemasaran; wisata |
Subjects: | 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:41 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203960 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Seto Sindu Mardi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |