Interpretasi Makna Kanji yang Memiliki Karakter Dasar Ishihen Melalui Semiotika Roland Barthes dan Rikusho.

Nurhamimah, Siti and Ulfah Sutiyarti,, S.Pd., M.Pd. (2023) Interpretasi Makna Kanji yang Memiliki Karakter Dasar Ishihen Melalui Semiotika Roland Barthes dan Rikusho. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana makna dan cara pembentukan kanji berkarakter dasar ishihen. Penelitian ini menggunakan teori pemaknaan tanda secara denotatif dan konotatif dari Roland Barthes serta klasifikasi pembentukan kanji menurut rikusho. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh menggunakan teknik kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini adalah terdapat 14 kanji yang memiliki karakter dasar ishihen. Semua kanji dapat dimaknai secara denotatif dan konotatif. Berdasarkan cara pembentukannya, 1 kanji termasuk ke dalam shokei moji yaitu kanji 石(ishi), 1 kanji yang termasuk ke dalam kaii moji yaitu kanji 砂 (suna), 10 kanji termasuk ke dalam keisei moji yaitu kanji 確(tashika), 研 (togu), 礎 (ishizue), 硬 (katai), 硝 (shou), 礁 (shou), 磁 (ji), 碑(ishibumi), 砲 (hou), 硫 (ryuu). Serta 2 kanji yang termasuk tenchuu moji yaitu 破(yaburu) dan 砕 (kudaku).

Other obstract

本研究は、「石」の部首という基本文字をもつ漢字の意味と成り立ちを知 らにすることを目的とする. 本研究では、Roland Barthes の指示的・内包的記号意味理論と六書による漢字形成分類を利用する. この研究では、記述分析による定性的手法を使用する.この研究のデータは、図書館調査を 使用して取得されました. 研究の結果、「石」を基本文字とする漢字は14 字であることが判明した. 全部の漢字は含意的と指示的の意味がある.六 書基づくに 石の漢字は象形文字に, 砂の漢字は会意文字に, 破と砕の漢字は転注文字に含む. そして, 確, 研, 礎, 硬, 硝, 礁, 碑, 磁, 砲 ,と硫 の漢字は形声文字に含む

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120284
Uncontrolled Keywords: Makna, ishihen, Semiotika, Rikusho
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:23
Last Modified: 19 Oct 2023 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203950
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Nurhamimah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item