Konstruksi Ruang Kota Poskolonial dalam Novel JR Ueno-Eki Kōenguchi karya Yū Miri.

Afandy, Salsabiela and Emma Rahmawati Fatimah, S.S., M.A. (2023) Konstruksi Ruang Kota Poskolonial dalam Novel JR Ueno-Eki Kōenguchi karya Yū Miri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah kota bisa saja memiliki imaji yang sempurna di mata publik. Namun, imaji itu juga dapat bertentangan dengan realita yang ada. Dalam novel JR Ueno-Eki Kōenguchi karya Yū Miri, kehidupan kelompok tunawisma di Kota Tokyo menjadi fokus utama cerita, memberi perspektif berbeda akan kota tersebut. Dari kacamata poskolonial, perspektif ini menjadi bentuk upaya penulis poskolonial untuk menciptakan ruang baru sebagai perlawanan terhadap kolonialisme. Ruang baru tersebut lantas mematahkan imaji utopia yang dibangun oleh pelaku kolonial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi ruang kota yang digambarkan dalam novel. Teori yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan politik spasial dalam novel poskolonial menurut Sara Upstone. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan data-data temuan kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari perspektif tokoh-tokoh tunawisma, konstruksi ruang Kota Tokyo dalam novel ini termasuk ke dalam kategori Nowhere City. Terdapat ketimpangan kuasa antara kelompok tunawisma dengan pemerintah kota. Utopia yang diklaim dalam kota dipatahkan oleh distopia yang dimunculkan sejak awal. Distopia tersebut berupa realita yang dialami para tunawisma sebagai subjek kolonial yang ruang hidupnya dibatasi oleh aturan-aturan kota, serta mengalami diskriminasi dari masyarakat lain.

Other obstract

都市は、市民の目から見て完璧なイメージを持つことができる。しかし、そのイメージは現実と違うともある。柳美里の小説『JR上野駅公園口』では、東京のホームレスの人々の生活が物語の中心となり、都市に別の視点を与えている。ポストコロニアルの観点からすれば、これは植民地主義への抵抗として新しい空間を創造しようとするポストコロニアル作家の試みである。そしてその新しい空間は、植民地主義者が築き上げたユートピアのイメージを打ち破る。この研究では、小説に描かれたポストコロニアル都市空間の構築について記述することを目的としている。 この研究で使用する理論は、サラ・アップストーンによるポストコロニアル小説における空間政治学的アプローチである。研究方法は記述的な分析であり、データを記述し、分析することによって行われる。 この研究の結果、ホームレスの登場人物から見ると、小説における東京の空間構築は、「Nowhere City」というポストコロニアル都市の種類に属することが明らかになった。ホームレス集団と市政府との間には、力の不均衡がある。都市で主張されるユートピアは、初めから現れるディストピアによって破られる。ディストピアとは、都市のルールによって生活空間が制限され、他人からの差別を経験する植民地的な主体としてホームレスが経験する現実のことである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120273
Uncontrolled Keywords: Ruang Kota, Poskolonial, Nowhere City, Imaji, Utopia.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:44
Last Modified: 19 Oct 2023 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203927
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salsabiela Afandy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item