Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pancaran Kasih Caruban.

Wijaya, Pieter Giovanny and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP (2023) Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pancaran Kasih Caruban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi menjadi suatu kebutuhan yang pasti bagi masyarakat, karena setiap hal yang dilakukan akan membutuhkan informasi sebagai penunjang pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa informasi menjadi bahan atau komoditas yang sangat penting dalam pola kehidupan manusia. Profesi guru adalah suatu pekerjaan yang tidak lepas dengan kebutuhan akan informasi untuk menunjang kegiatan mengajar setiap harinya, terlebih pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) yang membutuhkan teknik dan strategi yang berbeda dalam mendidik siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku pencarian informasi guru SLB Pancaran Kasih dalam menunjang proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan guru SLB Pancaran Kasih Caruban, dan dokumentasi. Kriteria pemilihan informan adalah guru kelas dan yang mempunyai latar belakang pendidikan luar biasa yang pernah mendapat pelatihan khusus tentang pendidikan luar biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SLB Pancaran Kasih mengalami kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan kebutuhan berkhayal. Setelah mengetahui kebutuhan informasi, guru SLB Pancaran Kasih lanjut pada tahapan perilaku pencarian informasi menggunakan model penelusuran informasi oleh Ellis mulai dari starting, guru melakukan pemahaman terhadap materi yang akan diajarkan, chaining, guru mempersiapkan bahan pencarian informasi sesuai dengan kebutuhan dalam proses mengajar, browsing, guru melakukan pencarian informasi menggunakan search engine, differentiating, guru melakukan pemilahan data atau informasi yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus, monitoring, guru melihat perkembangan informasi terbaru guna memastikan ketepatan hasil pencarian informasi, extracting, guru menggunakan informasi yang telah diperoleh untuk menunjang dalam proses mengajar. Dalam melakukan pencarian informasi, guru SLB Pancaran Kasih memiliki kendala yaitu kendala psikologis, kendala sosial, dan kendala lingkungan terutama pada karakteristik sumber informasi. Informan hanya menggunakan 6 tahap pencarian informasi. Tahap pencarian informasi secara runtut 8 langkah dari Ellis perlu dilakukan dengan baik demi diperolehnya informasi yang akurat.

English Abstract

Information is an indispensable requirement for society, as every endeavor and daily activity relies on information as a fundamental support. Thus, it can be affirmed that information holds utmost significance as a crucial resource in the fabric of human existence. The teaching profession, particularly for Special School (SLB) educators, is intricately intertwined with the indispensability of information in facilitating their instructional practices. This study aims to determine the needs and information seeking behavior of SLB Pancaran Kasih teachers in supporting the learning process. To shed light on this matter, a descriptive research method employing a qualitative approach was employed. The data collection process encompassed observations, interviews with teachers from Pancaran Kasih Caruban SLB, and documentation. he selection criteria for informants comprised class teachers who have an extraordinary educational background who have received special training on extraordinary education. The results showed that SLB Pancaran Kasih teachers experience cognitive, affective, personal integration, social integration, and imaginative needs.. Armed with an understanding of their information requirements, Pancaran Kasih Special School teachers proceed to execute a series of information-seeking behaviors following Ellis's information retrieval model. These stages encompass understanding the material to be taught, preparing search materials in accordance with teaching needs, conducting information searches using search engines, organizing the obtained data based on the requirements of teaching children with special needs, monitoring the latest information developments to ensure accuracy, and ultimately utilizing the acquired information to support the teaching process. During the quest for information, Pancaran Kasih Special School teachers encounter certain challenges, such as psychological, social, and environmental constraints, particularly concerning the characteristics of information sources. Notably, the informants solely employ six stages of information retrieval, implying the necessity for the proper execution of all eight sequential stages as outlined by Ellis to attain accurate information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030217
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Informasi, Perilaku Pencarian Informasi, Guru Sekolah Luar Biasa
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:40
Last Modified: 27 Oct 2023 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203900
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PIETER GIOVANNY WIJAYA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item