Hipermaskulinitas Grup Idol J-POP The Rampage.

Nugrahani, Rizky Aulia Putri and Ni Made Savitri Paramita,, M.A. (2023) Hipermaskulinitas Grup Idol J-POP The Rampage. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas idol lelaki di Jepang merepresentasikan soft-masculinity di mana mereka memiliki karakteristik bishonen, berpenampilan androgini, berperilaku imut dan menggemaskan, tampak ramah serta mudah dicintai. Namun, tidak semua idol J-POP lelaki merepresentasikan wujud maskulinitas yang sama. Salah satunya adalah grup The Rampage yang mewujudkan maskulinitasnya dengan penampilan fisik macho, badan berotot, dan perilaku tangguh serta agresif. Melalui penampilan tersebut, mereka terkesan mewujudkan maskulinitasnya secara berlebihan atau bisa dikatakan merepresentasikan hipermaskulinitas yang tampak di dalam salah satu karyanya berupa musik video berjudul Frontiers. Penelitian ini berfokus menganalisis bagaimana The Rampage merepresentasikan hipermaskulinitas melalui karyanya berupa musik video berjudul Frontiers. Teori Macho Personality Constellation dari Mosher & Sirkin (1984) dan Hall (1992) digunakan sebagai acuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes terhadap data berupa potongan adegan musik video Frontiers Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam musik video Frontiers, The Rampage merepresentasikan hipermaskulinitas dari tiga komponen Macho Personality Constellation, yaitu Violence as Manly, Dangers as Exciting, dan Toughness as Self-Control. Berdasarkan analisis yang mengacu pada teori Mosher & Sirkin (1984) dan Hall (1992), adegan dalam musik video memperlihatkan karakteristik lelaki macho, seperti agresi, keberanian untuk menantang bahaya, dan sikap tidak emosional atau enggan menunjukkan perasaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa The Rampage mendobrak standar yang telah terbentuk bagi idol lelaki J-Pop dan membawa ciri khas macho yang tidak ditemui pada idol lelaki lain di Jepang.

Other obstract

日本での男性アイドルの多数は美少年らしい容貌、両性的な姿、可愛くて愛らしい振る舞い、親しみやすい表情、そして愛らしく見えるようなイメージ、そういった柔らかい雰囲気を持つ男らしさを表現している。多数とはいえJPOPの男性アイドル全員が同じ男らしさを表現しているわけではない。その中で、強くて逞しい身体とムキムキな体のような男らしさを体現するグループはTHE RAMPAGEである。このような強靭な印象で、彼らは過剰に男らしさを体現しているようにも見え、ミュージックビデオ「FRONTIERS」において有害な男らしさを体現しているとも言える。 本研究ではTHE RAMPAGEがミュージックビデオ「FRONTIERS」を通してどのように有害な男らしさを表現しているかを分析することが中心である。本研究の理論としては、Mosher & Sirkin (1984)とHall (1992) によるMacho Personality Constellation理論を用いている。また、ロラン・バルトによる記号論的分析を用いた記述的質的方法を用いている。 本研究の結果として、ミュージックビデオ「FRONTIERS」において、THE RAMPAGEはMacho Personality Constellationの3つの要素、すなわち「Violence as Manly」、「Dangers as Exciting」、「Toughness as Self-Control」から有害な男らしさを体現していることが明らかになった。Mosher & Sirkin (1984)とHall (1992) による有害な男らしさの指示子を表明するシーン、すなわち暴力や危険に挑む勇気、無感情や冷淡な態度を示すシーンを通して、THE RAMPAGEが男性アイドルにある基準を突き破っていて、その上THE RAMPAGEは日本の他の男性アイドルにはない特徴の男らしさを持っていることを主張している。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120259
Uncontrolled Keywords: hipermaskulinitas, idol, semiotika Barthes
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:39
Last Modified: 18 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203893
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Aulia Putri Nugrahani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item