Pengaruh Kepercayaan, Kekuasaan, Keadilan Prosedural dan Keadilan Distributif pada Otoritas Pajak terhadap Kepatuhan Pajak secara Sukarela (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Pulau Jawa).

Rosyidah, Nanda Ayu and Dessanti Putri Sekti Ari, SE., MSA. Ak (2023) Pengaruh Kepercayaan, Kekuasaan, Keadilan Prosedural dan Keadilan Distributif pada Otoritas Pajak terhadap Kepatuhan Pajak secara Sukarela (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Pulau Jawa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secara umum kepatuhan wajib pajak orang pribadi secara nasional masih mengalami naik turun dalam beberapa tahun terakhir. Kepatuhan sukarela (voluntary tax compliance) pada wajib pajak dapat dipengaruhi oleh kepercayaan pada otoritas pajak, kekuasaan pada otoritas pajak, keadilan prosedural pada otoritas pajak dan keadilan distributif pada otoritas pajak. Penelitian ini mengadopsi teori Slippery-Slope Framework dan teori The Psychology of Justice yang bertujuan untuk mengetahui secara empiris faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan sukarela. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 5 (lima), yaitu Kepercayaan pada Otoritas Pajak, Kekuasaan pada Otoritas Pajak, Keadilan Prosedural pada Otoritas Pajak, Keadilan Distributif pada Otoritas Pajak dan Kepatuhan Pajak secara Sukarela. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu wajib pajak orang pribadi di Pulau Jawa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form berupa link kepada wajib pajak orang pribadi yang berada di Pulau Jawa. Sampel yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu berjumlah 128. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kekuasaan, keadilan prosedural, dan keadilan distributif pada otoritas pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak secara sukarela.

English Abstract

In general, the compliance of national individual taxpayers has ups and downs in recent years. Taxpayer voluntary compliance can be influenced by trust in the tax authority, power of the tax authority, procedural justice of the tax authority and distributive justice of the tax authority. This study adopts the Slippery-Slope Framework theory and The Psychology of Justice theory which aims to empirically determine the factors that influence voluntary compliance. There are 5 (five) variables used: Trust on Tax Authority, Power of Tax Authority, Procedural Justice on Tax Authority, and Distributive Justice on Tax Authority, and Voluntary Tax Compliance. This study used explanatory research with quantitative approach. The sampling technique used is purposive sampling to Individual Taxpayers in Java Island. Data collection technique were conducted through questionnaires online via Google Form which contains a link for Individual Taxpayers in Java Island. This study envolved 128 respondents and datas that have been obtained were analyzed with SPSS version 25. The results of this study indicate that Trust on Tax Authority, Power of Tax Authority, Procedural Justice of Tax Authority, and Distributive Justice on Tax Authority had an effect on Voluntary Tax Compliance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030212
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Pajak secara Sukarela, Kepercayaan pada Otoritas Pajak, Kekuasaan pada Otoritas Pajak, Keadilan Prosedural pada Otoritas Pajak, Keadilan Distributif pada Otoritas Pajak, Slippery-Slope Framework, The Psychology of Justice.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:36
Last Modified: 27 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203891
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NANDA AYU ROSYIDAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item