Kastanja, Josevira Putri and Dr. Drs. Irwan Noor, MA. and I Gede Eko Putra Sri Sentanu, S.AP., M.AP., Ph.D. (2023) Motivasi Kerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik (Studi di Kantor Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya penurunan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dau yang disebabkan karena kurangnya motivasi kerja pegawai. Pada tahun 2018, terdapat jurnal yang menyebutkan bahwa kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Dau menurun akibat kebutuhan para pegawai yang belum terpenuhi secara merata. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi kerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dau. Selain untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendorong serta faktor penghambat motivasi kerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Peneliti akan mengutamakan kualitas, karakteristik, dan keterkaitan antar kegiatan yang terjadi. Fokus dari penelitian ini adalah motivasi kerja pegawai dalam pelayanan publik, faktor pendoronng motivasi kerja pegawai dalam pelayanan publik, dan faktor penghambat motivasi kerja pegawai dalam pelayanan publik. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Kecamatan Dau dan pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan para pegawai di Kantor Kecamatan Dau sebanyak 5 orang dan masyarakat yang menerima pelayanan publik di Kantor Kecamatan Dau sebanyak 4 orang. Hasil dari penelitian ini adalah Kantor Kecamatan Dau sudah melaksanakan motivasi kerja dengan cukup baik. Motivasi yang dilakukan sudah sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi. Kinerja pegawai menjadi meningkat, sehingga pelayanan publik yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Para pegawai juga memiliki kewajiban untuk memenuhi hak masyarakat. Para pegawai juga menyebutkan adanya beberapa faktor yang mendukung jalannya motivasi kerja ini, sehingga motivasi dapat terus berjalan dan dikembangkan. Namun, masih ada yang menjadi faktor penghambat dari motivasi kerja, yang harapannya dapat segera diperbaiki agar tidak menggaggu terlaksananya motivasi kerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi kerja pegawai sudah dilaksanakan dengan cukup baik di Kantor Kecamatan Dau. Dikatakan cukup baik karena masih adanya faktor penghambat dalam melaksanakan motivasi kerja pegawai. Namun, para pegawai berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang dapat mendukung motivasi kerja. Hal ini dikarenakan, mereka sangat membutuhkan motivasi dalam memberikan pelayanan publik, agar pelayanan yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
English Abstract
This research was conducted due to a decline in public services at the Dau District Office due to a lack of employee motivation. In 2018, there was a journal which stated that the performance of employees at the Dau District Office had decreased due to the needs of employees who had not been met evenly. Therefore, the purpose of this study is to describe and analyze the work motivation of employees in public services at the Dau District Office. In addition to describing and analyzing the driving factors and inhibiting factors of employee motivation in public services at the Dau District Office. This research uses descriptive research with qualitative methods. Researchers will prioritize the quality, characteristics, and linkages between the activities that occur. The focus of this study is the work motivation of employees in public services, the driving factors of employee motivation in public services, and the inhibiting factors of employee motivation in public services. The location of this research is in the Dau District Office and data collection uses interview, observation, and documentation techniques. Interviews were conducted with 5 employees at the Dau District Office and 4 people who received public services at the Dau District Office. The results of this study are that the Dau District Office has implemented work motivation quite well. The motivation that is done is in accordance with the influencing factors. Employee performance has increased, so that the public services provided can meet the needs of the community. Employees also have an obligation to fulfill community rights. The employees also mentioned that there are several factors that support the course of this work motivation, so that motivation can continue and be developed. However, there are still inhibiting factors in work motivation, which we hope can be corrected immediately so as not to interfere with the implementation of employee motivation. The conclusion from this study is that employee motivation has been implemented quite well in the Dau District Office. It is said to be quite good because there are still inhibiting factors in carrying out employee work motivation. However, employees try to create a work environment that can support work motivation. This is because, they really need motivation in providing public services, so that the services provided can meet the needs of the community.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030189 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Pelayanan Publik, Kinerja Pegawai |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:58 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 06:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203845 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Josevira Putri Kastanja.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |