Pemerolehan Bahasa Anak Tantrum Pada Usia 1-3 Tahun.

Kusuma, Piscella Aisa and Dr. Eti Setiawati,, M.Pd. (2023) Pemerolehan Bahasa Anak Tantrum Pada Usia 1-3 Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia 1-3 tahun mulai menunjukkan keaktifannya dalam mengungkapkan berbagai perasaan. Namun, pada usia tersebut anak masih terkendala dalam pengungkapan perasaannya melalui bahasa. Ketidaksempurnaan bentuk dan makna bahasa anak dapat menjadi penyebab anak tantrum salah persepsi terhadap apa yang ingin diungkapkan oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan kalimat, pemerolehan makna, dan strategi tutur pada anak tantrum usia 1-3 tahun. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan berbentuk kata, frasa, dan kalimat yang dituturkan oleh anak usia 1-3 tahun ketika sedang tantrum. Data diperoleh melalui observasi terhadap video pada akun instagram @raffinagita1717, @clay.cliff.hartono, dan @nofelitasijabat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak 1 tahun berada dalam tahap pemerolehan bahasa babbling dan echolalia. Anak usia 1 tahun dapat mengucapkan kalimat minor yang belum bermakna dengan menggunakan strategi bertutur dalam hati. Selanjutnya, anak usia 2 tahun memasuki tahap true speech dan mampu mengucapkan kalimat minor serta mayor yang berjenis kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat interogartif, dan kalimat seru. Anak usia 2 tahun juga mampu menuturkan kalimat bermakna nonreferensial, literal, leksikal, gramatikal, dan kontekstual. Strategi tutur yang digunakan oleh anak usia 2 tahun yaitu strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, dan strategi bertutur secara samar-samar. Selanjutnya, anak usia 3 tahun juga telah memasuki tahap true speech. Pada penelitian ini juga didapatkan bahwa jenis kalimat, makna kalimat, dan strategi bertutur yang dihasilkan oleh anak usia 3 tahun sama dengan anak usia 2 tahun.

English Abstract

Children aged 1-3 years begin to show their activeness in expressing various feelings. However, at that age children are still constrained in expressing their feelings through language. Imperfections in the forms and meanings of children's language can be the cause of children's tantrums, misperceptions of what the child wants to express. The purpose of this study was to determine sentence acquisition, meaning acquisition, and speech strategies in tantrum children aged 1-3 years. The method used is descriptive qualitative. The data in this study are utterances in the form of words, phrases, and sentences uttered by children aged 1-3 years when they are having tantrums. The data was obtained through observing videos on Instagram accounts @raffinagita1717, @clay.cliff.hartono, and @nofelitasijabat. Results of this study indicate that 1 year old children are in the babbling and echolalia language acquisition stages. Children aged 1 year can say minor sentences that have no meaning by using silent speech strategies. Furthermore, children aged 2 years enter the true speech stage and are able to say minor and major sentences of the type of single sentences, compound sentences, declarative sentences, imperative sentences, interrogative sentences, and exclamation sentences. Children aged 2 years are also able to say non-referential, literal, lexical, grammatical, and contextual meaningful sentences. The speech strategies used by children aged 2 years are the strategy of speaking frankly without preamble, the strategy of speaking frankly with positive politeness, and the strategy of speaking vaguely. Furthermore, children aged 3 years have also entered the true speech stage. In this study it was also found that the types of sentences, sentence meanings, and speech strategies produced by 3-year-old children were the same as those of 2-year-old children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120235
Uncontrolled Keywords: Pemerolehan Bahasa, Anak Tantrum, Usia 1-3 Tahun-Language Acquisition, Child Tantrums, Age 1-3 Years
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:55
Last Modified: 17 Oct 2023 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203840
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Piscella Aisa Kusuma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item