Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo.

Valentin, Haifa Sandra Ratna and Dr Moh Said, S. Sos., M.AP. and Rendra Eko Wismanu, S.AP.,M.AP. (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia pada dasarnya selalu membutuhkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pelayanan publik merupakan pelayanan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kepada warganya. Dalam pelayanan publik kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting untuk mengetahui kepuasan masyarakat, bisa dikatakan bahwa kualitas pelayanan publik mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanan penerbitan kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah masyarakat penerima layanan penerbitar kartu keluarga dengan menggunakan 69 sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menghasilkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang terhadap Kepuasan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji regresi koefisien korelasi memiliki nilai sebesar 0,602 termasuk dalam kategori kuat. Adapun hasil uji Koefisien Determinasi memiliki nilai sebesar 0,354 yang berarti kemampuan variabel bebas yaitu kualitas pelayanan publik dapat mempengaruhi variabel terikat yaitu kepuasan masyarakat sebesar 35,4%, serta sisa nilai sebesar 64,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran yang dapat diambil dari penulis adalah dengan cara mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kebutuhan dan pelaksanaan pelayanan agar efektif dan efisien, pihak dinas kependudukan dan pencatatan sipil memberikan informasi secara lengkap mengenai prosedur yang mudah, cepat, transparan, efisien, dan berkesinambungan serta meningkatkan kembali sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

English Abstract

Humans basically always need services to meet the needs of life. Public service is a service that is the responsibility of the government to its citizens. In public services the quality of service is a very important factor to determine community satisfaction, it can be said that the quality of public services has an influence on community satisfaction. This study aims to determine the effect of the quality of public services on community satisfaction in the service of issuing family cards at the Population and Civil Registration Office of Ponorogo Regency. The type of research used is quantitative research, with descriptive methods. The population and sample used are people who receive family card issuance services using 69 samples. Data analysis used is descriptive analysis and simple linear regression analysis. Based on the results of the analysis carried out, it results that Service Quality has a significant influence on Community Satisfaction. The results showed that on the results of the regression test the correlation coefficient has a value of 0.602 which is included in the strong category. The test results for the Coefficient of Determination have a value of 0.354, which means that the ability of the independent variable, namely the quality of public services, can affect the dependent variable, namely community satisfaction of 35.4%, and the remaining value of 64.6% is influenced by other variables. The advice that can be taken from the author is by developing facilities and infrastructure that can support the needs and implementation of services so that they are effective and efficient, the population and civil registration services provide complete information regarding procedures that are easy, fast, transparent, efficient and sustainable and improve return of human resources in improving the quality of service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: '0522030292
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kependudukan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:23
Last Modified: 13 Oct 2023 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203832
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HAIFA SANDRA RATNA VALENTIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item