Gerakan Budaya Lestari (Literasi Setiap Hari) Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa SMP Negeri 2 Ledokombo Kabupaten Jember

Arifin, Nur Hikmah and Dr. Lilik Wahyuni,, M.Pd. (2023) Gerakan Budaya Lestari (Literasi Setiap Hari) Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa SMP Negeri 2 Ledokombo Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan membaca peserta didik melalui program gerakan lestari (literasi setiap hari) pada pelaksanaan kelas khusus. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu peserta didik SMP Negeri 02 Ledokombo pada tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa data primer, melalui observasi partisipasi berupa peningkatan hasil belajar membaca peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mencari data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen meliputi lembar penilaian observasi dan catatan lapangan yang digunakan sebagai pemerolehan data hasil secara objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dari tahap pra siklus, pelaksanaan siklus, dan pasca siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan membaca pada peserta didik melalui pelaksanaan kelas khusus membaca terbimbing. Peserta didik yang mengalami kesulitan membaca diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kelas khusus dilaksanakan setiap hari di luar jam pelajaran. Terdapat peningkatan hasil presentasi pada saat penelitian yaitu berupa penilaian karakteristik yang dilaksanakan pada siklus I dengan pencapaian rata-rata 25,25% dalam kategori rendah dan pelaksanaan penilaian karakteristik siklus II dengan rata-rata 72% dalam kategori sangat tinggi. Pelaksanaan kegiatan program kelas khusus membaca ini sangat membantu peserta didik untuk dapat membaca dengan lancar.

English Abstract

This study aims to overcome students' reading difficulties through the sustainable movement program (daily literacy) in the implementation of special classes. The research method used is classroom action research (CAR). The subjects of this classroom action research were students at SMP Negeri 02 Ledokombo in the 2022/2023 academic year. The data used is in the form of primary data, through participatory observation in the form of improving students' reading learning outcomes. The research instrument used to find data is in the form of qualitative and quantitative data. Instruments include observation score sheets and field notes which are used as objective data acquisition. Data analysis techniques in this study started from the pre-cycle, cycle implementation, and post-cycle stages. The results of this study indicate that there is an increase in students' reading skills through the implementation of special guided reading classes. Students who have difficulty reading are required to take part in special class activities held every day outside of school hours. There was an increase in the results of the presentation at the time of the study, namely in the form of a characteristic assessment carried out in cycle I with an average achievement of 25.25% in the low category and the implementation of the characteristic assessment in cycle II with an average of 72% in the very high category. The implementation of special reading class program activities really helps students to be able to read fluently.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120224
Uncontrolled Keywords: membaca, mengatasi kesulitan membaca, literasi setiap hari, gerakan kelas khusus-reading, overcoming reading difficulties, daily literacy, special class moves
Subjects: 700 The Arts > 700 The arts
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:11
Last Modified: 16 Oct 2023 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203820
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Hikmah Arifin.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item