Assri, Muhammad and Dyanningrum Pradhikta,, S. Sn M. Ds. (2023) Gadget Terhadap Manusia Dalam Karya Seni Digital. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris, sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus. Gadget sebuah perangkat untuk mempermudah kegiatan manusia menjadi lebih praktis. Pada zaman sekarang manusia adalah satu – satunya makhluk yang tidak bisa dipisahkan dengan gadget. Penulis mengangkat kegelisahan terhadap fenomena gadget yang sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Dalam penciptaan ini, penulis mengangkat dampak positif serta negatif dari gadget berawal dari kegelisahan penulis terhadap gadget dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian memberikan informasi dan sudut pandang kepada masyarakat mengenai dampak dari gadget. Dampak gadget bagi manusia memiliki sisi positif dan negatif dimetaforakan atau digambarkan dari aspek pengalaman serta pandangan dari penulis menggunakan media digital dengan aplikasi Clip Studio Paint dan teknik block bergaya kartun editorial. Dalam menciptakan karya seni digital, penulis menggunakan tiga metode menurut Herman Von Helmholtz yaitu saturation, incubation, dan illumination. Penciptaan karya seni ini menghasilkan 7 buah karya seni digital yang berjudul Mbah Gugel, The Creation of Android, Addicted, Connected, Teman, Signal, dan The World With Gadgets dengan dimensi kurang lebih 1 meter. Seluruh karya menggunakan media digital dengan aplikasi Clip Studio Paint dicetak di atas kanvas. Perkembangan gadget meningkat pesat saat pandemi Covid-19 dengan berbagai inovasi untuk mempermudah dalam pekerjaan maupun pembelajaran hingga komunikasi. Namun banyak hal positif dari gadget juga memiliki dampak negatif seperti kecanduan, tidak dapat mengontrol porsi, dan berbagai hal lainnya. Melalui penciptaan karya seni ini mampu memudahkan penulis dalam mengamati fenomena serta intropeksi diri dalam penggunaan gadget dengan baik dan memberikan informasi kepada orang lain agar lebih efisien karena gadget bisa memberi dampak positif maupun negatif tergantung penggunanya.
English Abstract
Gadget is a term that comes from English, an electronic device that has a special function. Gadget is a device to facilitate human activities to be more practical. Nowadays humans are the only creatures that cannot be separated from gadgets. The author raises anxiety about the gadget phenomenon which has become a primary human need. In this creation, the author raises the positive and negative impacts of gadgets starting from the author's anxiety about gadgets in everyday life. Then provide information and perspectives to the public regarding the impact of gadgets. The impact of gadgets on humans has positive and negative sides which are metaphorized or illustrated from the perspective of experience and the views of the author using digital media with the Clip Studio Paint application and editorial cartoon-style block techniques. In creating digital artwork, the author uses three methods according to Herman Von Helmholtz, namely saturation, incubation and illumination. The creation of this artwork resulted in 7 pieces of digital artwork entitled Mbah Gugel, The Creation of Android, Addicted, Connected, Teman, Signal, and The World With Gadgets with dimensions of approximately 1 meter. All works using digital media with the Clip Studio Paint application are printed on canvas. The development of gadgets increased rapidly during the Covid-19 pandemic with various innovations to make work and learning easier to communicate. But many positive things from gadgets also have negative impacts such as addiction, unable to control portions, and various other things. Through the creation of this work of art, it is able to make it easier for writers to observe phenomena and self-introspection in using gadgets properly and providing information to others to be more efficient because gadgets can have positive or negative impacts depending on the user.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120194 |
Uncontrolled Keywords: | Gadget, Manusia, Digital, Visual-Gadget, Human, Digital, Visual |
Subjects: | 700 The Arts > 700 The arts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 07:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203756 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Assri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |