Trope Slow life Dalam Manga Bergenre Isekai Sebagai Cerminan Fenomena Slow life Masyarakat Jepang.

Reza, Muhamad and Fitriana Puspita Dewi,, M.Si. Ph.D, (2023) Trope Slow life Dalam Manga Bergenre Isekai Sebagai Cerminan Fenomena Slow life Masyarakat Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isekai adalah genre manga yang menceritakan kehidupan karakter utama di dunia lain. Genre isekai sendiri kemudian terbagi dalam beberapa sub genre yang salah satunya adalah isekai slow life. Dalam genre isekai slow life, karakter utama memilih untuk hidup dengan santai di daerah pedesaan alih-alih pergi bertualang seperti di cerita isekai pada umumnya. Dalam manga bergenre isekai slow life terdapat pola yang berulang yang disebut dengan trope. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seperti apa trope slow life pada manga bergenre isekai yang merepresentasikan fenomena slow life pada masyarakat Jepang. Untuk menganalalisis masalah tersebut penulis menggunakan teori sosiologi sastra Ian Watt, khususnya pada aspek sastra sebagai cerminan dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan enam trope slow life yang ditemukan pada manga bergenre isekai. Trope yang dimaksud yaitu, trope kematian karakter utama, trope karakter utama yang berpindah ke dunia lain, trope karakter utama yang ingin hidup santai, trope karakter utama yang kembali ke alam, trope karakter utama yang menggunakan pengetahuan modern untuk hidup santai dan trope karakter utama yang lebih bahagia hidup di isekai. Trope tersebut merupakan cerminan dari keinginan untuk hidup slow life yang ada pada masyarakat Jepang. Hal ini dapat dilihat dari kumpulan video youtube, artikel berita, dan tagar #スローライフpada sosial media warga Jepang yang melakukan gaya hidup slow life. Selain sebagai cerminan, manga bergenre isekai slow life juga menjadi hiburan dalam bentuk eskapisme masyarakat Jepang yang belum bisa menerapkan gaya hidup slow life di kehidupan mereka.

Other obstract

「イセカイ」は、異世界を舞台にした漫画のジャンルである。異世界と いうジャンルはいくつかのサブジャンルに分かれる。そのひとつに異世界 スローライフというサブジャンルがある。イセカイスローライフは、主人 公が冒険をする代わり、田舎でのんびりと暮らすことを選んだ物語である。 イセカイスローライフというジャンルのストーリーには、トロープと呼ば れる繰り返しのパターンがある。 本研究で提起した問題は、日本社会におけるスローライフ現象を象徴するよ うなイセカイジャンル漫画のスローライフ・トロープとはどのようなものか、という ことである。そのために、文学社会学のイアン・ワットの文学の社会的反映の側 面に関する理論を使用する。本研究は、質的記述研究である。 本研究の結果、イセカイスローライフジャンルの中に6 つのスローライフのト ロープを見つけた。 これらのトロープには、主人公の死に関するトロープ、異世界への移動に関 するトロープ、のんびりと暮らしたいという主人公のトロープ、自然に戻る主人公 のトロープ、現代の知識を使ってのんびりと暮らす主人公のトロープ、異世界で の生活により幸せになる主人公のトロープが含まれる。これらのトロープは、日 本に存在するスローライフへの願望の反映である。これは、YouTube の動画や ニュース記事、ソーシャルメディア上のスローライフなライフスタイルを送る日本 人のハッシュタグ「#スローライフ」を見ればわかる。また、スローライフを実践で きていない日本人にとっては、娯楽として楽しむこともできる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120191
Uncontrolled Keywords: Trope, Isekai, Slow life, Cerminan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:00
Last Modified: 12 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203752
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Reza.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item