Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Penunjang Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang di SMKN 11 Malang

Rafly, Muhamad and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2023) Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Penunjang Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang di SMKN 11 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui peran penggunaaan powerpoint sebagai media penunjang dalam meningkatkan motivasi pembelajaran koasakata bahasa Jepang di SMKN 11 Malang, dengan tiga aspek yang akan diteliti: (1) Pembelajaran, (2) Proses, dan (3) Hasil. Teori penelitian menggunakan teori pemakaian media pembelajaran Nurdyansyah (2019, hal. 59) menjelaskan bahwa media dapat berfungsi untuk mempertinggi daya serap atau retensi belajar peserta didik terhadap materi pembelajaran dan pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data diambil menggunakan angket tertutup dengan skala likert 1 – 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga aspek yaitu (1) Pembelajaran, (2) Proses, dan (3) Hasil semua menunjukkan hasil yang positif. Kesimpulan yang didapatkan adalah penggunaan powerpoint sebagai media penunjang pembelajaran dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar dalam pembelajaran Bahasa Jepang di SMKN 11 Malang Kelas X1 KPR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120190
Uncontrolled Keywords: Powerpoint, Media, Pendidikan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.63 Japanese (Dictionaries of the standard form of the language)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:59
Last Modified: 12 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203750
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Rafly.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item