Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian untuk Merumuskan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada CV myECO Teknologi Nusantara)

Artamevia, Shafa Audry and Ir. Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng. and Ir. L. Tri Wijaya Nata Kusuma, ST., MT., Ph.D. (2023) Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian untuk Merumuskan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada CV myECO Teknologi Nusantara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahun 2023, CV myECO Teknologi Nusantara akan melakukan kegiatan pendanaan untuk membantu menunjang finansial perusahaan. Untuk membantu kegiatan pendaan tersebut dibutuhkanlah hasil total penjualan yang stabil ataupun meningkat untuk menarik minat investor melakukan pendanaan pada startup. Sedangkan total hasil penjualan perusahaan sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan. Akibat permsasalahan tersebut, perusahaan ingin meningkatkan penjualan dengan merumuskan strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan produk. Strategi pemasaran tersebut dirumuskan dengan mengetahui faktor apa saja yang mungkin berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Faktor yang diteliti yaitu green awareness, green product features, green price, dan green promotion. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisa statistik Structural Equation Modelling berbasis PLS (SEM-PLS). Data yang didapatkan dari pengumpulan data melalui kuisioner dengan total responden 60 orang. Setelah dilakukan analisis perhitungan didapatkan hasil bahwa faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu variabel green awareness, green product features, dan green promotion dengan nilai t-statistic 2.849, 2.642, dan 4,729. Sedangkan pada variabel green price tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-statistic 0.463. Analisis rekomendasi dilakukan dengan pengedukasian melalui online dan offline, melakukan kegiatan sosial go green sekaligus menjelaskan manfaat produk myECO, Memperbarui kemasan dengan menambahkan logo ecolabel dan cara penggunaan produk, Menambahkan fitur yang lebih mudah digunakan dan memberikan garansi yang lebih lama, Melakukan giveaway melalui kompetisi pada social media, dan memberikan promo menarik.

English Abstract

In 2023, CV myECO Teknologi Nusantara will carry out funding activities to help support the company's finances. To help with these funding activities, stable or increasing total sales results are needed to attract investors to invest in startup funding. While the company's total sales had experienced a significant decline. As a result of these problems, the company wants to increase sales by formulating a marketing strategy to increase product sales. The marketing strategy is formulated by knowing what factors might influence product purchasing decisions. The factors studied were green awareness, green product features, green prices, and green promotion. The research was conducted using the PLS-based Structural Equation Modeling statistical analysis method (SEM-PLS). Data obtained from data collection through questionnaires with a total of 60 respondents. After analyzing the calculations, it was found that the factors that influence purchasing decisions are green awareness, green product features, and green promotion variables with t-statistic values of 2,849, 2,642, and 4.729. Meanwhile, the green price variable has no effect on purchasing decisions with a t-statistic value of 0.463. Analysis of recommendations is carried out by educating through online and offline, carrying out go green social activities while explaining the benefits of myECO products, Updating the packaging by adding the ecolabel logo and how to use the product, Adding features that are easier to use and provide a longer warranty, Conducting giveaways through competitions on social media, and provide attractive promos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070379
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, Keputusan Pembelian, SEM-PLS, Strategi Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:41
Last Modified: 10 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203740
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHAFA AUDRY ARTAMEVIA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item