Pengaruh Erosi Menggunakan Klasifikasi Struktur Tanah Dengan Rainfall Simulator

Fitria, Renisa Rismaya and Jadfan Sidqi Fidari, ST., MT. and Dr. Eng. Riyanto Haribowo, ST., MT., IPM. (2023) Pengaruh Erosi Menggunakan Klasifikasi Struktur Tanah Dengan Rainfall Simulator. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber Daya Alam Utama di Bumi ini berupa tanah dan air yang sangat rentan mengalami kerusakan atau degradasi. Kerusakan inilah yang dapat terjadi dikarenakan kehilangan unsur hara yang ada di daerah perakaran (sanilasi), penjenuhan air (waterlodging), serta erosi. Kerusakan tanah yang diakibatkan dari aspek yang ada di atas, dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan, barang ataupun jasa. Sedangkan kerusakan air dapat dilihat ketika hilangnya atau mengeringnya sumber air serta terjadinya penurunan kualiatas air. Hilangnya atau mengeringnya sumber daya air ini, sangat amat berkaitan erat dengan terjadinya erosi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di banyak dataran tinggi di Indonesia, permasalahan tersebut adalah erosi. Dari beberapa faktor, faktor yang pertama menyebabkan terjadinya erosi adalah jenis tanah. Pada penelitian yang dilakukan ini, menggunakan tanah yang berada di daerah Junrejo, Batu, Kabupaten Malang. Di dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas hujan dengan erosivitas, pengaruh tekstur tanah yang ada di daerah Junrejo terhadap erodibilitas, serta besar laju erosi dengan menggunakan Metode USLE di alat rainfall simulator. Pada penelitian yang dilakukan ini, digunakan 3 variasi intensitas hujan yakni Intensitas 1 liter/menit, 1,5 liter/menit, 2 liter/menit dengan menggunakan kemiringan 5%. Hasil dari penelitian ini, bahwa intesitas hujan dan erosivitas menghasilkan koefisien determinasi R2 = 0,999, yang artinya bahwa intensitas hujan mempengaruhi erosivitas sebesar 99,9%. Hubungan antara struktur tanah dengan erodibilitas menghasilkan nilai K yang sama, yaitu K = 0,232. Dan pada metode USLE perhitungan erosi menghasilkan nilai dengan intensitas 1 liter/menit yaitu 0,232 ton/ha/thn, pada intensitas 1,5 liter/menit sebesar 0,514 ton/ha/thn, dan pada intensitas 2 liter/menit menghasilkan nilai 0.814 ton/ha/thn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070365
Uncontrolled Keywords: Erosivitas, Rainfall Simulator, Metode USLE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:00
Last Modified: 09 Oct 2023 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203700
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RENISA RISMAYA FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item