Afifah, Karinna Nur Wulan and Jamila Wijayanti,, S.S., M.Pd (2023) Pembelajaran Kalimat Simpleks dan Kompleks Melalui Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Panjura Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini diperoleh berdasarkan proses pembelajaran dan hasil penilaian tugas yang menunjukkan pemahaman siswa terhadap kalimat simpleks dan kalimat kompleks, selain itu pada proses tugas berdebat dapat ditemukan nilai pendidikan karakter yang berorientasi pada profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hasil pembelajaran dan pendidikan karakter pada kelas XI IPS 1 SMA Panjura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman kalimat simpleks dan kompleks melalui analisis teks, mengetahui pemahaman siswa dalam pembuatan bahan materi debat dengan memperhatikan kalimat simpleks dan kompleks, mengetahui penggunaan kalimat Bahasa Indoenesia dengan baik dan benar sesuai konteks tanpa adanya bahasa kedaerahan dengan penilaian pendidikan karakter berorientasi profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa pemahaman siswa mengenai materi kalimat simpleks dan kompleks dan tuturan siswa pada saat menyampaikan materi debat yang telah dibuat dan dipelajari. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil tugas analisis artikel yang telah disiapkan untuk menemukan kalimat simpleks dan kompleks dan tuturan yang disampaikan pada saaat debat terhadap siswa kelas XI IPS 1 SMA Panjura Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi terhadap siswa. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) pemahaman mengenai kalimat simpleks dan kompleks melalui analisis teks memiliki frekuensi yang tidak jauh berbeda, yakni 13 siswa mendapatkan kriteria nilai baik hingga sangat baik, dan 11 siswa mendapatkan kriteria nilai cukup hingga sangat tidak baik. 2) pemahaman siswa terhadap pembuatan bahan materi debat yakni memiliki frekuensi 3 kelompok mendapatkan kriteria nilai sangat baik, 3 kelompok mendapatkan kriteria nilai baik, 2 kelompok mendapatkan kriteria nilai cukup. 3) ditemukan kasus penggunaan kalimat Bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai konteks tanpa adanya Bahasa kedaerahan yaitu terdapat siswa yang masih mengunakan Bahasa kedaerahan pada saat menyampaikan pendapat, adanya kasus tersebut mempengaruhi hasil kriteria penilaian yang tidak sesuai dengan penggunaan Bahasa. Penerapan nilai pendidikan karakter dan profil pelajar Pancasila menjadi salah satu langkah untuk memberikan penyadaran pada sikap siswa yang kurang sesuai dengan indikator penilaian.
English Abstract
This research was obtained based on the learning process and assessment results of tasks that showed students' understanding of simple and complex sentences. Additionally, in the process of debating tasks, the education value of character was found, which is oriented towards the Pancasila student profile. The study was conducted to find the learning outcomes and character education in Class XI IPS 1 of Panjura High School. The objectives of this research are to determine students' understanding of simple and complex sentences through text analysis, identify students' comprehension in creating debate material by considering simple and complex sentences, and assess the correct use of Indonesian sentences in the context without any regional languages, with an evaluation of character education oriented towards the Pancasila student profile. This research adopts a qualitative approach with a case study research method. The data in this study consist of students' understanding of simple and complex sentence materials and their utterances during debates, which they have prepared and studied. The data sources are derived from the results of article analysis tasks that were prepared to find simple and complex sentences and utterances delivered during debates by students of Class XI IPS 1 of Panjura High School in Malang. Data collection techniques include tests and observations of the students. The research findings are as follows: 1) the understanding of simple and complex sentences through text analysis shows similar frequencies, with 13 students obtaining good to excellent scores, and 11 students getting scores from fair to very poor. 2) Students' understanding of creating debate materials showed 3 groups achieving an excellent score, 3 groups obtaining a good score, and 2 groups receiving a fair score. 3) Cases of using Indonesian sentences correctly in the context without regional languages were found, and there were students who still used regional languages when expressing their opinions. This affected the assessment criteria results, which did not match the language use. The implementation of character education values and the Pancasila student profile is one step towards raising awareness of students' attitudes that do not align with the assessment indicators.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120159 |
Uncontrolled Keywords: | Kalimat Simpleks, Kalimat Kompleks, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Studi Kasus.Simple Sentences, Complex Sentences, Character Education, Pancasila Student Profile, Case Study. |
Subjects: | 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 07:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203695 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Karinna Nur Wulan Afifah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |