Ferontina, - and Dr. Farida Nurani, S.Sos, M.Si and Rendra Eko Wismanu,, S.AP., M.AP (2023) Efektivitas Program Pojok Baca Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Pada Perpustakaan Ad. Zuhri SD Islam Surya Buana Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas pendidikan yang baik dapat dilihat dari tingkatan minat baca yang tinggi yang membudaya bagi masyarakatnya. Literasi dan minat baca Indonesia yang rendah selaras dengan kurang ketersediaannya sumber informasi yang ada di Indonesia. Minat baca dimulai dari bangku sekolah dasar, sehingga dilakukan pemupukkan kebiasaan membaca sejak duduk di bangku sekolah dasar dengan menyediakan layanan penunjang dan pendukung. SD Islam Surya Buana Kota Malang pada perpustakaannya memperluas pelayanan untuk meningkatkan minat baca siswanya. Metode penelitian ini adalah metode mixed methods, dengan tujuan saling melengkapi temuan yang ada. Penelitian ini menjelaskan dan menganalisis efektivitas dari program pojok baca Perpustakaan Ad. Zuhri SD Islam Surya Buana Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sequential exploratory (Cresswell, 2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan program pojok baca Perpustakaan Ad. Zuhri setelah dideskripsikan, sesuai dengan teori efektivitas program layanan milik Kettner, Moroney, dan Martin (2008). Selain itu, program pojok baca masuk dalam kategori kriteria efektif. Program pojok baca Perpustakaan Ad. Zuhri yaitu Saung Baca Surya Buana (SABANA) dan Pojok Inspirasi (POINS) sudah dinyatakan efektif. Namun, masih terdapat beberapa faktor yang perlu dioptimalkan agar program pojok baca tersebut dapat menghasilkan pelayanan yang berkualitas dan terus berkembang.
English Abstract
The good quality of education can be seen from the high level of interest in reading that is entrenched in the community. Indonesia’s low literacy and interest in reading is in line with the lack of availability of information sources in Indonesia. Interest in reading starts from elementary school, thus reading habits are cultivated since elementary school by providing supporting services. The library in Surya Buana Islamic Elementary School in Malang City expands services to increase students' interest in reading. The research method is a mixed method, with the aim of complementing existing findings. This research describes and analyzes the effectiveness of the Ad. Zuhri Library reading corner program. The design used in this research was sequential exploratory (Cresswell, 2012). The results of this research showed that the implementation of the Library's reading corner program is in accordance with the service program effectiveness theory according to Kettner, Moroney, and Martin (2008). In addition, the reading corner program is also concluded to be effective criteria. The Ad. Zuhri Library reading corner programs, namely Saung Baca Surya Buana (SABANA) and Pojok Inspirasi (POINS) have been declared effective. However, there are still several factors that need to be optimized so that the reading corner program can produce quality services and continue to develop.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030173 |
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Efektivitas Program, Layanan Perpustakaan |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 09:03 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 09:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203686 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ferontina.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (24MB) |
Actions (login required)
View Item |