Analisis Kepuasan Layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Brawijaya).

Wicaksono, Eko Priyo and Dr. Siswidiyanto,, MS and Anita Tri Widiyawati,, SS., MA (2023) Analisis Kepuasan Layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi sebagai perpustakaan akademik memiliki peran yang sangat penting. Perpustakaan akademik sangat diperlukan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan dan pengajaran, perpustakaan mengumpulkan, melestarikan, mengolah, menyediakan pemanfaatan dan penyebarluasan informasi yang sesuai dengan kurikulum sehingga dapat memperluas ilmu pengetahuan bagi penggunanya. Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan perpustakaan agar dapat mampu bertahan dan tetap mendapat kepercayaan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengAnalisis Kepuasan Layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya dengan studi pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Brawijaya puas dengan pelayanan Perpustakaan Universitas Brawijaya, hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata indikator tangibel ialah sebesar 2,556; indikator reliability memperoleh skor rata-rata 2,543; indikator responsive memperoleh skor rata-rata sebesar 2,55; indikator assurance memperoleh skor rata-rata sebesar 2,56; dan indikator empahty memperoleh skor rata-rata sebesar 2,55 dimana skor ini berada pada skala interval 2,51–3,25 yang berarti positif/ memuaskan

English Abstract

College libraries have a vital role as academic libraries. It is required to support the implementation of Three Duties of Higher Education (Tri Dharma Perguruan Tinggi) within education and teaching field, research field, and community service field. As an agent within education and teaching field, college libraries have collected, persevered, processed, provided utilization and expansion of information in accordance with the curriculum so as to broaden the knowledge of its users. The quality of the service is mandatory for college libraries in order to maintain sustainability and trust from its users. This study aims to analyze the services of the University of Brawijaya Library by studying the Students of the University of Brawijaya Library Science Study Program. Results indicate that Brawijaya University Library Science Study Program students are satisfied with Brawijaya University Library service. This is proven by the mean score from each of the 5 indicators as follows: tangible – 2.556; reliability – 2.543; responsive – 2.55; assurance – 2.56; empathy – 2.55. Those 5 indicators fell under the 2.51-3.25 interval scale range, which means positive/satisfactory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030165
Uncontrolled Keywords: Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Kualitas Layanan
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:40
Last Modified: 17 Oct 2023 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203678
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
EKO PRIYO WICAKSONO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item