. Indikator Kinerja Pegawai Berbasis Standar Operasional Prosedur (SOP) (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang).

Iqbal, Ahmad and Dr. Choirul Saleh, M.Si and Drs. Dwi Sulistyo, MPA (2023) . Indikator Kinerja Pegawai Berbasis Standar Operasional Prosedur (SOP) (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai cara telah dilakukan dalam mengimplementasikan Standart Operational Procedur (SOP) secara online akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang timbul seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap mekanisme dalam mengangkses website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Dalam hal pemerintahan, SOP bermanfaat untuk membantu kinerja pemerintah untuk lebih efektif dan efisien dalam pelayanan masyarakat. Penerapan SOP dalam pelayanan pemerintahan perlu diperhatikan antara struktur organisasi dan pembagian tugas dalam pemerintahan serta dikaitkan dengan beberapa hal penting dalam penerapan SOP, yakni: kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan komitmen kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis indikator kinerja pegawai berbasis Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, antara lain observasi dan wawancara dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang dan dokumen/laporan resmi, serta kajian literatur yang relevan. Analisis difokuskan untuk indikator kinerja pegawai berbasis SOP berdasarkan model Robbins (2006), yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan komitmen kerja. Teknik analisa data menggunakan model Miles, Huberman, and Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan SOP di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang sejauh ini sudah diterapkan sesuai dengan model Robbins (2006). Penerapan SOP sangat penting untuk meningkatkan produktivitas, konsistensi, akurasi, dan kepuasan pelanggan. Penerapan SOP yang baik merupakan landasan yang kuat bagi suatu perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam menjalankan operasinya. Faktor pendukung, meliputi struktur organisasi, budaya kerja organisasi, kebijakan dan prosedur yang jelas, terdapat kepemimpinan dan regulasi. Kemudian, faktor penghambat, meliputi keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia, tingkat kesadaran terhadap kedisiplinan prosedur yang belum optimal, tidak didukungnya pengetahuan dan keterampilan yang sesuai diharapkan, tidak adanya pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan.

English Abstract

Various ways have been carried out in implementing Standard Operational Procedures (SOP) online, but there are still some problems that arise such as a lack of public understanding of the mechanism for accessing the Malang City Education and Culture Office website. In terms of government, SOPs are useful for helping government performance to be more effective and efficient in public service. The application of SOP in government services needs to be considered between the organizational structure and the division of tasks in government and is linked to several important things in the application of SOP, namely: quality of work, quantity of work, timeliness, effectiveness, independence, and employee commitment. The purpose of this research is to describe and analyze employee performance indicators based on Standard Operating Procedures (SOP) in the Department of Education and Culture of Malang City. This study uses a qualitative method with a descriptive approach, utilizing data collected from various sources, including observations and interviews with officials from the Malang City Education and Culture Office and official documents/reports, as well as relevant literature studies. The analysis focused on SOP-based employee performance indicators based on the Robbins (2006) model, namely work quality, work quantity, timeliness, effectiveness, independence, and work commitment. Data analysis techniques use the Miles, Huberman, and Saldana (2014) model. The results of the study show that the implementation of SOP in the Education and Culture Office of Malang City has so far been implemented according to the Robbins (2006) model. SOP implementation is very important to increase productivity, consistency, accuracy, and customer satisfaction. The implementation of good SOPs is a strong foundation for a company to achieve the desired results in carrying out its operations. Supporting factors, include organizational structure, organizational work culture, clear policies and procedures, leadership and regulations. Then, the inhibiting factors include limited budget and human resources, the level of awareness of procedural discipline that is not yet optimal, the expected knowledge and skills that are not supported, and the lack of required education and training.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030133
Uncontrolled Keywords: Indikator Kinerja, Kinerja Pegawai, SOP
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:08
Last Modified: 12 Oct 2023 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203644
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AHMAD IQBAL.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item