Amirullah, : Abdul Malik and Siswidiyanto, Dr.Drs., M.S and Martina Purwaning Diah,, S.AP., M.AP (2023) Kepuasan Pengguna Layanan E-KTP Melalui Sistem Terpadu Desa Online (Sedudo) (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk membuat aplikasi yang menunjang administrasi kependudukan yang diberi nama SEDUDO (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online). Namun, dalam penerapannya masih terdapat banyak keluhan masyarakat, selain itu kulitas pelayanan publik Kabupaten Nganjuk tergolong rendah. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana kepuasan masyarakat dalam penggunaan layanan e-KTP melalui sistem SEDUDO di Kabupaten Nganjuk, (2) Mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor�faktor pendukung dan penghambat pada penerapan layanan e-KTP melalui SEDUDO di Kabupaten Nganjuk, (3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan kualitas pelayanan layanan e-KTP melalui sistem SEDUDO. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan permohonan e-KTP pada Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk melalui SEDUDO memiliki nilai sebesar 79,43 sehingga memperoleh predikat “Baik”. Unsur pelayanan yang memiliki nilai terbesar adalah U4 biaya/tarif yaitu 3,62, sedangkan yang memiliki nilai paling rendah adalah unsur sarana dan prasarana serta unsur waktu pelayanan yang memperoleh nilai 3,07. Faktor pendukung dalam penerapan layanan e-KTP melalui sistem SEDUDO di Kabupaten Nganjuk yaitu sistem pelayanan yang lebih efektif dan efisien, serta kompetensi dan sikap pegawai yang baik, ramah, dan handal. Sedangkan faktor penghambat antara lain yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai sistem SEDUDO, kurangnya ketersedian bahan dalam mencetak e-KTP dan kurangnya fasilitas tempat pelayanan. Upaya peningkatan pelayanan permohonan e-KTP berbasis online menggunakan sistem SEDUDO yaitu sosialisasi SEDUDO secara intensif dan perawatan website resmi SEDUDO
English Abstract
The Office of Population and Civil Registration (Dispendukcapil) of Nganjuk Regency has developed an application called SEDUDO (Integrated Electronic System for Online Villages) to support population administration. However, there are still many complaints from the public regarding its implementation, and the quality of public services in Nganjuk Regency is considered low. Therefore, the objectives of this study are (1) to understand, describe, and analyze public satisfaction with the use of e-KTP services through the SEDUDO system in Nganjuk Regency, (2) to identify, describe, and analyze the supporting and inhibiting factors in the implementation of e-KTP services through SEDUDO in Nganjuk Regency, and (3) to examine the efforts made by the Office of Population and Civil Registration of Nganjuk Regency to improve the quality of e-KTP services through the SEDUDO system. The research design used is descriptive research with a qualitative approach. The research findings indicate that the satisfaction index of the public with the e-KTP application services at the Office of Population and Civil Registration in Nganjuk Regency through SEDUDO has a value of 79.43, which is categorized as "Good". The service element with the highest score is U4, which pertains to fees/tariffs, with a score of 3.62, while the elements of facilities and infrastructure, as well as service time, have the lowest scores, both receiving a score of 3.07. The supporting factors in the implementation of e-KTP services through the SEDUDO system in Nganjuk Regency include a more effective and efficient service system, as well as competent and friendly staff with a good attitude. On the other hand, inhibiting factors include the lack of public knowledge about the SEDUDO system, insufficient availability of materials for printing e-KTP, and a lack of service facilities. Efforts to improve online-based e�KTP application services using the SEDUDO system include intensive socialization of SEDUDO and the maintenance of the official SEDUDO website.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030130 |
Uncontrolled Keywords: | : Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik, e-KTP |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203640 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ABDUL MALIK AMIRULLAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |