Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang.

Ruwaida, Ishma Mahliya and Muhammad Hambali,, M.Pd. (2023) Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karakter merupakan identitas bagi setiap individu yang terbentuk dari tingkah laku dan kerangka berpikir. Komponen penting yang harus ada pada kepribadian peserta didik adalah pendidikan karakter. Oleh karena itu, pihak sekolah harus konsisten dalam mendidik karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui program P5. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen (RPP dan perangkat evaluasi), observasi, dan wawancara. Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah koordinator P5, guru, dan siswa kelas 10. Hasil penelitian adalah program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dapat mengetahui karakter pada peserta didik SMAN 1 Malang. Adapun pendidikan karakter dalam projek P5 batik malangan di SMAN 1 Malang, yaitu Pendidikan karakter yang mengacu pada dimensi profil pelajar pancasila, diantaranya adalah dimensi berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, semangat kebangsaan berpikir dan bertindak, dan tanggung jawab.

English Abstract

Character is an identity for each individual that is formed from behavior and frame of mind. An important component that must exist in the personality of students is character education. Therefore, the school must be consistent in educating the character of students. The purpose of this study was to determine the value of character education for students through the P5 program.In this study the research method used is qualitative descriptive.By using qualitative methods, data were collected by observation and interviews. Data collection techniques in this study used document studies (RPP and evaluation tools), observation, and interviews. While the data sources from this study were the P5 coordinator, teachers, and grade 10 students.Research result is a programP5 (Project of Strengthening Pancasila Student Profile) can determine the character of SMAN 1 Malang students. As for character education in the Malangan batik P5 project at SMAN 1 Malang, namely character education which refers to the dimensions of the Pancasila student profile, including the dimensions of global diversity, mutual cooperation, creativity, national spirit of thinking and acting, and responsibility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120152
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Program P5-Character, Character Education, P5 Program
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:43
Last Modified: 10 Oct 2023 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203628
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ishma Mahliya Ruwaida.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item