Implementasi Multimodal Melalui Video Interaktif Iklan Layanan Masyarakat dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPN 1 SINGOSARI.

Farhamro, Indi Nailu and Vanda Hardinata, M.Pd (2023) Implementasi Multimodal Melalui Video Interaktif Iklan Layanan Masyarakat dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPN 1 SINGOSARI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendalami gambaran implementasi multimodal melalui video interaktif iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks iklan siswa kelas VIII-I SMPN 1 SINGOSARI. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik tes berupa pemberian tugas iklan layanan masyarakat kepada siswa kelas VII-I. Teknik non tes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data hasil belajar siswa dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video interaktif iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks iklan rata-rata berada pada kategori baik (80-85). Dilihat dari pencapaian nilai menulis teks iklan, terdapat 5 orang mendapatkan poin yang baik sekali (86-100) yaitu 20%. 17 siswa memperoleh nilai dalam kategori baik (80-85) yaitu 72% dan siswa memperoleh nilai dalam kategori kurang (56-79) yaitu 20%. Namun tidak ada siswa yang mendapat nilai “cukup” (10-56). Dengan demikian dapat ditunjukan bahwa penggunaan media video interaktif dalam iklan layanan masyarakat saat pembelajaran menulis teks iklan sangat membantu siswa dalam menulis teks iklan.

English Abstract

The purpose of this study was to find out and explore the description of multimodal implementation through interactive videos of public service advertisements in learning to write advertisement text for class VIII-I students of SMPN 1 SINGOSARI. The research method used in this work uses qualitative research methods. The data collection technique was divided into two parts, namely the test technique in the form of giving public service advertisement assignments to class VII-I students. Non-test techniques consist of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is the technique of data analysis of student learning outcomes and analysis of observational data. The results showed that the interactive video media of public service advertisements in learning to write ad texts was on average in the good category (80-85). Judging from the achievement of the value of writing ad text, there are 5 people getting very good points (86-100), namely 20%. 17 students scored in the good category (80-85), namely 72% and students scored in the poor category (56-79), namely 20%. However, none of the students scored "enough" (10-56). Thus it can be shown that the use of interactive video media in public service advertisements when learning to write advertisement text really helps students in writing advertisement text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120149
Uncontrolled Keywords: multimodal, video interaktif, teks iklan-multimodal, interactive video, ad text
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:42
Last Modified: 10 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203625
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indi Nailu Farhamro.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item