Penggunaan Media Majalah Dinding Untuk Mendukung Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Materi Teks Berita.

Misfaida, Elna Jaililun and Dr. Muhammad Hambali,, S.S., M.Pd. (2023) Penggunaan Media Majalah Dinding Untuk Mendukung Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Materi Teks Berita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abstrak: Penggunaan Media Mading Untuk Mendukung Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Materi Teks Berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan dari media belajar mading pada proses pembelajaran literasi baca tulis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Montong Tuban. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan wawancara sebagai instrumen penelitian yaitu melibatkan 13 siswa kelas VIII sebagai narasumber yang bersangkutan yaitu merupakan kelas dengan kurikulum merdeka dengan kualitas literasi baca tulis yang terbilang rendah. Penelitian ini menunjukkan 13 siswa tersebut berpendapat bahwa media mading literasi membantu pembelajaran peningkatan literasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Secara keseluruhan, media belajar “Mading Literasi” sebagai media pembelajaran yang dapat menjadi salah satu media alternatif untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi baca tulis peserta didik.

English Abstract

Abstract: Use of Mading Media to Support Reading and Writing Literacy Learning in News Text Materials. The purpose of this study was to find out and analyze the use of wall magazines in the learning process of literacy in class VIII students of SMPN 3 Montong Tuban. The type of research used Qualitative research is descriptive research with interviews as a research instrument that involves 13 class VIII students as relevant informants, which is a class with an independent curriculum and low literacy quality. This study shows that the 13 students think that literacy magazines help learning to increase literacy become easier and more enjoyable. Overall, the learning media "Literacy Mading" as a learning medium can be an alternative media to support the improvement of students' literacy skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120102
Uncontrolled Keywords: literasi baca tulis, media, mading,reading and writing literacy; media; magazine
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:09
Last Modified: 06 Oct 2023 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203543
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Elna Jaililun Misfaida.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item