Pengaruh Guna Lahan Perdagangan dan Jasa Terhadap Kinerja Jaringan Jalan Diponegoro Kabupaten Sidoarjo

Syan, Muhammad Yus Fayan and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP. and Fauzul Rizal Sutikno, ST., MT., Ph.D (2023) Pengaruh Guna Lahan Perdagangan dan Jasa Terhadap Kinerja Jaringan Jalan Diponegoro Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Diponegoro merupakan salah satu jalan nasional di Kabupaten Sidoarjo memiliki fungsi kawasan sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan dan jasa, serta menjadi penghubung bagi pergerakan internal dan eksternal wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Fungsi kawasan perdagangan dan jasa pada Jalan Diponegoro menyebabkan adanya peningkatan volume lalu lintas, sehingga mempengaruhi tingkat pelayanan jalan pada jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume dari guna lahan melalui pemodelan guna lahan beserta pengaruhnya terhadap kondisi lalu lintas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah analisis korelasi-parsial, analisis regresi linier berganda, analisis kinerja jalan, dan pengaruh tarikan guna lahan terhadap kinerja jalan. Model guna lahan yang dihasilkan antara lain YPerumahan = (-0,771 + 0,843 (X2) + 0,012 (X1), YPendidikan = (2,378 + 0,21 (X8) + 0,033 (X5), YKesehatan = (-6,052 + 0,260 (X12) + 0,182 (X9), YPerkantoran = (-2,550 + 0,579 (X16) + 0,065 (X13), YPerdagangan dan Jasa = (-32,714 + 0,48 (X64) + 0,355(X62) + 0,345 (X61). Hasil penerapan model guna lahan menunjukkan bahwa pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan adalah sebesar 19,05% pada hari kerja (weekday) dari volume lalu lintas total, sedangkan pada hari libur (weekend) pengaruh dari guna lahan terhadap kinerja jalan adalah sebesar 17,26% dari volume lalu lintas total. Volume arus lalu lintas pada jam puncak hari kerja (weekday) terjadi pada jam 06.00-07.00 WIB, 10.00-11.00 WIB, dan 16.00-17.00 WIB, dengan Los masing-masing bernilai E (0,91) pada pagi hari, D (0,78) pada siang hari, dan E (0,88) pada sore hari. Manajemen lalu lintas yang diterapkan pada Jalan Diponegoro adalah manajemen kapasitas dengan cara pembatasan aktivitas parkir di sekitar jalan, dan pelebaran Jalan, hasil dari penerapan manajemen kapasitas dapat menurunkan nilai Los jalan pada pagi hari menjadi bernilai C (0,74), siang hari berubah menjadi bernilai C (0,63), dan sore hari berubah menjadi bernilai C (0,72).

English Abstract

Diponegoro Road is one of the national roads in Sidoarjo Regency which had regional functions as the center of government, trade and service center, as well as being a link for internal and external movements of the Sidoarjo Regency area and its surroundings. The function of the trade and service area on Diponegoro Road caused an increase in traffic volume, thus affected the level of road service during peak hours. This study aimed to determine the volume of land use through land use modeling and its effect on traffic conditions. The analysis used in this study includes partial-correlation analysis, multiple linear regression analysis, road performance analysis, and the effect of land use attraction on road performance. The resulted from land use modelling is YHousing = (-0,771 + 0,843 (X2) + 0,012 (X1), YEducation = (2,378 + 0,21 (X8) + 0,033 (X5), YHealth = (-6,052 + 0,260 (X12) + 0,182 (X9), YOffice = (-2,550 + 0,579 (X16) + 0,065 (X13), YTrade and Service = (-32,714 + 0,48 (X64) + 0,355(X62) + 0,345 (X61). Resulted from using land use modeling to the effect of land use on road performance is 19.05% on weekday of total traffic volume, while on weekend the effect of land use on road performance is 17.26% of road volume total traffic. The volume of traffic flow during peak hours of weekday occured at 06.00-07.00 WIB, 10.00-11.00 WIB, and 16.00-17.00 WIB, with Los each had a value of E (0.91) in the morning, D (0.78) during the day, and E (0.88) in the afternoon. The traffic management applied to Diponegoro Road had capacity management by limiting parking activities around the road, and widening the road, the results of implementing capacity management could reduce the value of road loss in the morning to a value of C (0.74), during the day it changes to has a value of C (0.63), and in the afternoon it changes to a value of C (0.72).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070325
Uncontrolled Keywords: Tarikan-Pergerakan, Regresi-Linier-Berganda, Manajemen-Kapasitas.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:25
Last Modified: 05 Oct 2023 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203530
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Yusfayan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item