Pengaruh Video Animasi Pada Pembelajaran Teks Anekdot Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Animasi SMK Negeri 4 Malang.

Raharja, Bima Putra Lucky and Vanda Hardinata, S.Pd., M.Pd. (2023) Pengaruh Video Animasi Pada Pembelajaran Teks Anekdot Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Animasi SMK Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media video animasi adalah media yang menggunakan gambar yang bergerak serta dilengkapi dengan suara yang seperti layaknya film. Video animasi merupakan acara televisi yang berbentuk rangkaian tulisan atau gambar yang digerakkan secara mekanis elektronis sehingga tampak dilayar menjadi gerak. Penelitian ini membahas tentang pengaruh video animasi terhadap hasil belajar teks anekdot siswa jurusan animasi di SMK Negeri 4 Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan media video animasi dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media video animasi pada materi teks anekdot dan besarnya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa jurusan animasi kelas X SMK Negeri 4 Malang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Hasil data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan media video animasi dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media video animasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi “Sang Wakil Rakyat” berpengaruh dalam pemerolehan hasil belajar siswa pada materi teks anekdot. Pada awalnya kegiatan pretest siswa kelas eksperimen belum mengetahui tentang teks anekdot serta tidak mengetahui struktur, ciri-ciri, unsur-unsur dan hakikat teks anekdot. Setelah dilakukannya penerapan media video animasi yang berjudul “Sang Wakil Rakyat” pada saat kegiatan posttest siswa mulai memahami serta mampu mengetahui tentang teks anekdot yang meliputi struktur, ciri-ciri, unsur-unsur, dan hakikatnya. Maka dari itu dengan menggunakan video animasi siswa mulai tertarik dengan teks anekdot, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa dalam kategori cukup yang sebelumnya 37.5% atau 12 dari 32 siswa dan rata-rata nilai siswa sesudah ditampilkan video animasi dalam kategori baik sebesar 37.5% atau 12 dari 32 siswa.

English Abstract

Animated video media is media that uses moving images and is equipped with sound like a movie. Animated video is a television program in the form of a series of writings or images that are mechanically moved electronically so that they appear on the screen to be in motion. This research discusses the effect of animated videos on the learning outcomes of anecdote texts of students majoring in animation at SMK Negeri 4 Malang. The purpose of this study was to determine the difference in learning outcomes between students taught using animated video media and students taught without using animated video media on anecdote text material and the magnitude of the influence of the use of animated video media on the learning outcomes of students majoring in animation class X SMK Negeri 4 Malang. The form of research used is experimental. The data results show that there are differences in learning outcomes between students taught using animated video media and students taught without using animated video media. The results of this study indicate that animated video media “Sang Wakil Rakyat” In the beginning of the pretest activity, the experimental class students did not know about anecdote text and did not know the structure, characteristics, elements and nature of anecdote text. At the beginning of the pretest activity, experimental class students did not know about anecdotal text and did not know the structure, characteristics, elements and nature of anecdotal text. After the application of the animated video media entitled “Sang Wakil Rakyat” during the posttest activities, students began to understand and were able to know about anecdotal text which included its structure, characteristics, elements, and essence. Therefore, by using animated videos, students began to be interested in anecdote text, this can be seen from the average student score in the sufficient category which was previously 37.5% or 12 out of 32 students and the average student score after being shown an animated video in the good category of 37.5% or 12 out of 32 students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120079
Uncontrolled Keywords: video animasi, kuantitatif, eksperimen, hasil belajar,animated video, quantitative, experimental, learning outcomes
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:42
Last Modified: 05 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203501
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bima Putra Lucky Raharja.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item