Tindak Tutur Persuasif Pengusaha Bagas Alimpad pada Channel Youtube Pecah telur

Mukaromah, Ayu Safaris and Dr. Trisna Andarwulan, M.Pd (2023) Tindak Tutur Persuasif Pengusaha Bagas Alimpad pada Channel Youtube Pecah telur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tindak tutur mengandung maksud, dampak serta tujuan dari penggunaan bahasa dalam suatu konteks komunikasi. Tuturan seorang pengusaha kepada lawan bicara, baik kepada tim, karyawan hingga calon reseller memiliki tujuan tertentu. Strategi persuasif memiliki peran dalam proses berlangsungnya komunikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi dan strategi tindak tutur persuasif Bagas Alimpad pada channel Youtube Pecah Telur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi partisipasi pasif. Data penelitian ini berupa data verbal tuturan persuasif pengusaha bernama Bagas Alimpad yang bersumber dari 4 video youtube yang tayang dari tanggal 27 Mei 2020 hingga 22 Juli 2021, dengan tema personal branding, product branding dan kisah usaha dalam merintis bisnis. Teknik pengumpulan data berupa teknik SBLC(Simak Bebas Libat Cakap), pendokumentasian, dan teknik catat. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, selanjutnya melakukan alih bahasa asing ke bahasa Indonesia jika terdapat tuturan diluar bahasa Indonesia, analisis data, lalu menyajikan data hingga menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bentuk tindak tutur Bagas Alimpad berjumlah 213 tuturan, terdiri dari 137 bentuk deklaratif, 9 bentuk interogatif dan 67 bentuk imperatif. Fungsi tindak tutur ditemukan data sejumlah 213 tuturan yang terdiri dari 82 fungsi representatif/asertif, 61 fungsi direktif, 27 tuturan fungsi komisif, 38 fungsi tuturan ekspresif, dan 5 buah tuturan fungsi deklaratif. Strategi persuasif yang digunakan oleh Bagas Alimpad adalah strategi menyajikan argumen yang kuat 43 tuturan, strategi menggunakan emosi 56 tuturan, strategi memanfaatkan kredibilitas seseorang 30 tuturan, strategi otoritas 48 tuturan, dan strategi pembuktian sosial 36 tuturan. Bentuk, fungsi serta strategi tindak tutur Bagas Alimpad dipengaruhi oleh konteks serta topik yang dibicarakan. Tujuan spesifik pada tuturan tersebut yakni untuk meningkatkan penjualan, dari konversi penonton youtube menjadi pelanggan tetap.

English Abstract

Speech acts contain the intent, impact and purpose of using language in a communication context. The speech of an entrepreneur to the interlocutor, both to the team, employees and potential resellers has a specific purpose. Persuasive strategy has a role in the ongoing process of communication. This study aims to describe the form, function and strategy of Bagas Alimpad's persuasive speech acts on the Pecah Telur YouTube channel. This research is a qualitative descriptive research with passive participatory observation method. The research data is in the form of verbal data from the persuasive utterances of a businessman named Bagas Alimpad which originates from 4 YouTube videos that aired from 27 May 2020 to 22 July 2021, with the theme of personal branding, product branding and business stories in starting a business. Data collection techniques were in the form of documentation, SBLC techniques (Simak Bebas Libat Cakap) and note techniques. Data analysis begins with data collection, data reduction, then transferring from a foreign language to Indonesian if there is speech outside Indonesian, data analysis, then presenting the data to draw conclusions. The results of the study show that Bagas Alimpad's speech acts consist of 213 utterances, consisting of 137 declarative forms, 9 interrogative forms and 67 imperative forms. Functions of speech acts were found in data on a total of 213 utterances consisting of 82 representative/assertive functions, 61 directive functions, 27 commissive function utterances, 38 expressive speech functions, and 5 declarative function utterances. The persuasive strategy used by Bagas Alimpad is a strategy of presenting strong arguments 43 utterances, a strategy of using emotions 56 utterances, a strategy of exploiting one's credibility 30 utterances, an authority strategy of 48 utterances, and a strategy of social proof 36 utterances. The form, function and strategy of Bagas Alimpad's speech acts are influenced by the context and topic being discussed. The specific goal in this story is to increase sales, from converting YouTube viewers to regular customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120070
Uncontrolled Keywords: Persuasive Speech Acts, Bagas Alimpad, Youtube Pecah Telur.Tindak Tutur Persuasif, Bagas Alimpad, youtube Pecah Telur.
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:25
Last Modified: 04 Oct 2023 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203481
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ayu Safaris Mukaromah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item