Albert, Matheus and Angga Akbar Fanani, ST., MT (2023) Perancangan Sistem Informasi Point Of Sales (POS) untuk Meningkatkan Optimalitas Pengelolaan Keuangan dan Arus Keluar Masuk Produk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengelolaan Keuangan adalah hal yang sangat krusial dalam keberlangsungan usaha dan juga pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan, baik perusahaan berskala besar ataupun berskala kecil seperti UMKM. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, akan didapatkan banyak informasi yang bisa digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan. UMKM Sambal Bu Sandra merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah yang menjual 15 varian sambal dan berlokasi di Wonorejo, Rungkut, Jawa Timur. UMKM ini sudah memiliki omzet per tahun yang cukup besar, tetapi belum ada pengelolaan keuangan dan stok produk yang baik. Tidak ada laporan keuangan untuk mengetahui laba rugi dan posisi keuangan pada UMKM ini serta tidak ada catatan mengenai perhitungan stok produk maupun bahan baku setiap bulannya. Selama ini, owner hanya mencatat pengeluaran dan pendapatan usaha yang tidak dicatat secara detail. Analisis PIECES dilakukan untuk menjabarkan dan mengevaluasi seluruh permasalahan yang ada. Berdasarkan analisis PIECES yang dilakukan, diketahui bahwa permasalahan utamanya adalah belum adanya pengelolaan informasi dengan baik dan pembuatan laporan keuangan yang membutuhkan usaha sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat mengolah informasi dengan baik dan akurat seperti melakukan perhitungan dan melakukan perekapan otomatis serta dapat menghasilkan informasi yang berguna seperti informasi stok produk dan informasi persediaan bahan baku secara real-time, laporan arus kas, laporan neraca, dan laporan laba rugi. Pembuatan laporan keuangan dimulai dengan identifikasi komponen biaya dan kemudian membuat laporan arus kas, laporan neraca, dan laporan laba rugi. Perancangan sistem informasi menggunakan metode waterfall dengan tahapan mendefinisikan kebutuhan, desain sistem dan perangkat lunak, impelementasi dan pengujian unit, dan integrasi dan pengujian sistem. Tahap mendefinisikan kebutuhan dilakukan dengan pembuatan System Requirement Checklist (SRC). Tahap desain sistem dan perangkat lunak dilakukan dalam 2 tahapan, yaitu data modelling dan process modelling. Data modelling dilakukan dengan membuat Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menunjukkan hubungan antar entitas dan Process modelling digunakan dengan pembuatan Decomposition Tree Diagram (DTD) dan Data Flow Diagram (DFD). Sistem Informasi yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman python dengan user interface menggunakan tkiner dan database menggunakan SQLite. Sistem Informasi yang dirancang memiliki 19 halaman dan 13 tabel. Sistem Informasi memiliki 7 proses utama, yaitu Pengelolaan data master, pencatatan produksi, pencatatan pembelian bahan baku, pencatatan penjualan produk, pencatatan penerimaan, pencatatan pengeluaran, dan pengelolaan informasi. Sistem Informasi yang dirancang telah diuji dengan baik dengan melakukan uji verifikasi dan uji validasi
English Abstract
Financial management is crucial for the sustainability and decision-making of businesses, whether they are large-scale companies or small-scale enterprises like UMKM Sambal Bu Sandra in Wonorejo, Rungkut, East Java. Despite generating significant annual revenue, this UMKM lacks proper financial and inventory management. There are no financial reports to assess profit and financial position, and there are no records of monthly inventory and raw material calculations. The owner has only been keeping general records of business expenses and income without detailed information. The PIECES analysis was conducted to identify and evaluate all the existing issues. Based on the PIECES analysis, it was found that the main problems are the lack of effective information management and the high effort required to create financial reports. Therefore, there is a need for an information system that can process information accurately, perform automated calculations and summarizations, and provide useful insights such as real-time inventory information and raw material information, cash flow statements, balance sheets, and profit and loss statements. The process of creating financial reports starts with identifying cost components and then producing cash flow statements, balance sheets, and profit and loss statements. The design of the information system follows the waterfall method, involving stages such as requirement definition, system and software design, implementation and unit testing, and integration and system testing. The requirement definition stage includes creating a System Requirement Checklist (SRC). The system and software design stage consists of two steps: data modeling and process modeling. Data modeling is accomplished by creating an Entity Relationship Diagram (ERD) to illustrate the relationships between entities, while process modeling involves the creation of a Decomposition Tree Diagram (DTD) and Data Flow Diagram (DFD). The designed information system utilizes the Python programming language, with a user interface developed using Tkinter, and the database implemented with SQLite. The system includes 19 pages and 13 tables. It encompasses seven main processes: master data management, production recording, raw material purchase recording, product sales recording, receipt recording, expenditure recording, and information management. The designed information system has undergone thorough verification and validation testing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523070286 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pengelolaan Keuangan, Point of Sales, Python, SQLite, Informasi Stok Produk , Laporan Keuangan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203436 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Matheus Albert.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |