Zulqarnaen, Mahendra and Prof. Dr. Eng. Moch. Agus Choiron,, ST., MT and Dr. Ir. Achmad As'ad Sonief, MT (2023) Optimasi Desain Multi-Cell Hexagonal Crash Box Dengan Penyangga Menggunakan Response Surface Methodology. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Multi-Cell Hexagonal Crash Box adalah sebuah komponen krusial dalam sistem keselamatan kendaraan yang bertujuan untuk menyerap energi pada saat terjadi tabrakan, Efisiensi penyerapan energi spesifik (SEA) Multi-Cell Hexagonal Crash Box sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pengendara dan penumpang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh beberapa parameter desain terhadap efisiensi absorpsi energi spesifik pada Multi-Cell Hexagonal Crash Box. Dalam penelitian ini, digunakan simulasi numerik dengan menggunakan perangkat lunak ANSYS 19.2 untuk mengevaluasi respons dari Multi-Cell Hexagonal Crash Box terhadap variasi parameter desain. Parameter desain yang dianalisis adalah ketebalan struktur luar, ketebalan struktur dalam, dan ketebalan struktur penyangga. Untuk mencari kombinasi parameter desain yang optimal, digunakan pendekatan analisis Response Surface Methodology. Selanjutnya, sebuah model matematis disusun berdasarkan ketebalan heksagonal dalam, luar, dan penyangga yang memiliki level bawah sebesar 1.6 mm, level tengah sebesar 2 mm, dan level atas sebesar 2.4 mm. Model matematis ini akan memungkinkan identifikasi kombinasi parameter desain yang memberikan respons optimal terhadap performa Multi-Cell Hexagonal Crash Box. Hasil dari simulasi numerik menunjukkan bahwa parameter desain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi penyerapan energi spesifik (SEA) pada Multi-Cell Hexagonal Crash Box. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa ketebalan yang lebih rendah pada struktur penyangga, serta ketebalan yang lebih tinggi pada struktur luar dan dalam, dapat meningkatan efisiensi penyerapan energi spesifik (SEA). Melalui penggunaan Response Surface Methodology, penelitian ini berhasil mendapatkan model matematika yang sesuai untuk mencari kombinasi parameter desain yang paling efektif dalam meningkatkan efisiensi penyerapan energi spesifik (SEA), kombinasi parameter desain optimal yang dihasilkan adalah ketebalan struktur luar sebesar 2.4 mm, ketebalan struktur dalam sebesar 2.4 mm, dan ketebalan struktur penyangga sebesar 1.6 mm.
English Abstract
The Multi-Cell Hexagonal Crash Box is a crucial component in vehicle safety systems aimed at absorbing energy during collisions. Specific Energy Absorption (SEA) efficiency of the Multi-Cell Hexagonal Crash Box is essential to enhance the safety of drivers and passengers. Thus, this study analyzes the influence of several design parameters on the specific energy absorption efficiency of the Multi-Cell Hexagonal Crash Box. The research employs numerical simulations using ANSYS 19.2 software to evaluate the response of the Multi-Cell Hexagonal Crash Box to variations in design parameters. The analyzed design parameters include the outer structure thickness, inner structure thickness, and support structure thickness. To find the optimal combination of design parameters, Response Surface Methodology analysis is utilized. Consequently, a mathematical model is formulated based on the thicknesses of the inner, outer, and support hexagonal structures at lower levels of 1.6 mm, mid-levels of 2 mm, and upper levels of 2.4 mm. This mathematical model enables the identification of design parameter combinations that yield an optimal response in the Multi-Cell Hexagonal Crash Box's performance. The results of the numerical simulations reveal that design parameters significantly influence the specific energy absorption (SEA) efficiency in the Multi-Cell Hexagonal Crash Box. The study finds that reducing the support structure thickness and increasing the outer and inner structure thicknesses can enhance the specific energy absorption efficiency. By employing Response Surface Methodology, the research successfully obtains an appropriate mathematical model to identify the most effective design parameter combination for improving the specific energy absorption efficiency (SEA). The optimal combination of design parameters identified is an outer structure thickness of 2.4 mm, an inner structure thickness of 2.4 mm, and a support structure thickness of 1.6 mm.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523070283 |
Uncontrolled Keywords: | Multi-Cell Hexagonal Crash Box, absorpsi energi, response surface methodology, simulasi numerik |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203432 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
mahendra zulqarnaen.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (24MB) |
Actions (login required)
View Item |