Representasi Budaya Patriarki pada Film ‘我的姐姐Wǒ de Jiějiě / Sister (2021)’ Karya 殷若昕Yīn Ruòxīn

Zahrah, Alfiah and Nurila Shanti Octavia, S.S., MTCSOL. (2023) Representasi Budaya Patriarki pada Film ‘我的姐姐Wǒ de Jiějiě / Sister (2021)’ Karya 殷若昕Yīn Ruòxīn. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari maraknya budaya patriarki di sekitar yang kemudian diangkat menjadi film. Berbeda dengan film kebanyakan yang mengam-bil representasi budaya patriarki antara suami dan istri, pada film “我的姐姐Wǒ de Jiějiě / Sister (2021) ini budaya patriarki yang direpresentasikan dikhususkan pada sudut pandang kakak perempuan terhadap adik laki-laki. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi budaya pa-triarki pada film “我的姐姐wǒ de jiějiě / sister (2021)” Karya 殷若昕Yīn Ruòxīn. Jenis penelitian ini adakah kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes yang mengkaji mengenai signifier (petanda) dan signifier (penanda) serta makna denotasi, konotasi dan mitos. Dari penelitian ini ditemukan 26 data penggambaran budaya patriarki yang dikelompokkan dalam enam bagian di antaranya adalah diskrimi-nasi gender, preferensi anak laki-laki, stereotip perempuan, keterbatasan atas hak pendidikan dan harta, peran ganda, serta perempuan yang kerap mengalah ter-hadap dominasi laki-laki.

Other obstract

这项研究是基于周围普遍存在的父权文化,然后将其上升为一部电影。与大多数表现夫妻间父权文化的电影不同,在电影 《我的姐姐》 中,所表现的父权文化是以姐姐对弟弟的视角来表现的。本研究要回答的问题是,电影 《我的姐姐》 殷若昕的作品中父权文化是如何表现的。这种类型的研究是描述性的定性研究。本研究采用的分析方法是罗兰-巴特的符号学分析,研究符号和符号以及指称、内涵和神话的意义。在这项研究中,发现了26份关于父权文化的数据,其中包括性别歧视、男生偏好、女性陈规定型观念、教育和财产权限制、妇女双重角色和男性统治等6个部分

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120046
Uncontrolled Keywords: film, patriarki, semiotika.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:15
Last Modified: 02 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203413
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfiah Zahrah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item