Pengaruh Elemen Penyusun Taman terhadap Lingkungan Termal Ruang Dalam Bangunan Café di Kota Malang

Pranoto, Kiara Angela and Ar. Iwan Wibisono, ST., MT., IAI (2023) Pengaruh Elemen Penyusun Taman terhadap Lingkungan Termal Ruang Dalam Bangunan Café di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan suhu udara yang terus terjadi di Kota Malang menyebabkan masyarakat mulai mencari solusi untuk menanggulangi permasalahan kenaikan suhu melalui karya arsitektur. Salah satu solusi modern yang digunakan pada bangunan, yaitu dengan pengadaan ruang terbuka hijau berupa taman yang bertujuan untuk mengatur iklim mikro, menyerap cemaran udara, dan memperbaiki kualitas udara. Taman memiliki dua elemen penyusun berupa soft material dan hard material. Penggunaan penghawaan pasif seperti pengadaan ruang terbuka hijau sering dijumpai pada bangunan café di Kota Malang agar pengguna tetap merasa nyaman dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan para pemiliki café di Kota Malang berlomba-lomba untuk mengaplikasikan taman agar memiliki kenyamanan termal ruang dalam bangunan café yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh elemen penyusun pada taman terhadap lingkungan termal ruang dalam bangunan café di Kota Malang dengan standar kenyamanan termal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis kondisi eksisting dan metode evaluatif berfungsi untuk membandingkan hasil data yang diperoleh di lapangan dengan standar kenyamanan termal. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dari tiga bangunan café yang dilakukan penelitian, bangunan Gutenham Coffee House memiliki rata-rata suhu ruang dalam tertinggi sebesar 26.8°C pada titik G.2 akibat pengaruh dari taman yang dengan material perkerasan berupa cor semen, batu sikat, batu koral, dan paving dan kurangnya vegetasi peneduh pada sekitar bangunan. Maka dari itu, dapat dihasilkan dua rekomendasi desain yang dapat diaplikasikan, rekomendasi pertama, yaitu berupa pengubahan penutup tanah dengan mengganti semen plester dengan grass block dan menambahkan vegetasi peneduh yang dekat dengan bangunan dan rekomendasi kedua adalah dengan mengubah material penutup tanah, yaitu batu koral menjadi rumput dan menambahkan vegetasi peneduh yang dekat dengan bangunan.

English Abstract

The continuous increase of air temperature in Malang City has caused people to find out solutions through architectural works. One of the modern solutions used in building is creating green open space as garden that aim to regulate micro climate, absorb air pollution, and improve air quality. Garden has two elements in the form of soft materials and hard materials. The usage of passive ventilation such as green open space is often found in café buildings in Malang City to ensure users feel comfortable in the long term. This has led to café owners in Malang compete to implementing garden to provide a good thermal comfort for indoor cafés. This study aimed to evaluate the impact of the landscape elements on indoor thermal comfort of cafés in Malang City. This study used a descriptive method that aims to describe, analyze the existing condition and evaluative method to compare the data obtained in the field with thermal comfort standards. The results of this study found that among three cafés that have been studied, the Gutenham Coffee House had the highest average indoor temperature of 26.8°C at G.2 due to the impact of the hard materials in the garden in the form of cement cast, brush stone, coral stone, and paving and the lack of shading vegetation around the building. Therefore, two design recommendations are given that can be applied, the first recommendation id to change the ground cover by replacing cement plaster with grass block and adding shading vegetation close to the building and the second recommendation is to change the ground cover, namely coral stone to grass and adding shading vegetation close to the building.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070267
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Termal Ruang Dalam, Elemen Penyusun Taman
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:11
Last Modified: 02 Oct 2023 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203411
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kiara Angela Pranoto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (35MB)

Actions (login required)

View Item View Item