Indonesian – English Code Mixing of Bahasa Jakarta Selatan in Online Chatting Used by Indonesian Young Adults.

Zhahira, Afanin Enno and Tantri Indhiarti,, S.S., M.A. (2023) Indonesian – English Code Mixing of Bahasa Jakarta Selatan in Online Chatting Used by Indonesian Young Adults. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kode adalah alat atau simbol yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Dalam sosiolinguistik terdapat fenomena Bahasa yang disebut code mixing. Code mixing terjadi ketika seseorang mencampurkan dua bahasa atau lebih, biasanya terjadi antara satu kata dengan kata lainnya dalam satu kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. menganalisis jenis code mixing yang paling banyak digunakan oleh anak muda Indonesia. 2. untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi anak muda Indonesia berkomunikasi dengan code mixing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena data penelitian ini berisi kalimat-kalimat yang diperoleh dari WhatsApp messanger. Data yang di dapat terdiri dari 30 kalimat yang digunakan dalam percakapan sehari-hari dan teridentifikasi sebagai code mixing. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori milik Muysken (2000) dan Hockett (1958). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 jenis code mixing yang ditemukan dalam data dengan menggunakan teori Muysken (2000). Peneliti menemukan 20 code mixing tipe Insertion dan 10 code mixing tipe Alternation dari total 30 data. Peneliti juga menemukan 11 faktor dengan menggunakan teori Hockett (1958) untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut. Peneliti menemukan, 6 need filling motive dan 5 prestige filling motive. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa tentang code mixing. Peneliti juga ingin menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengeksplorasi identitas dan peran gender dalam penggunaan code mixing untuk memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai code mixing.

English Abstract

Code is a tool or symbol that can be used to communicate. In sociolinguistics there is a language phenomenon called code mixing. Code mixing happened when a person is mixing two languages or more. It is usually occurs between one word to another in one sentence. The present study is aimed: 1. to analyze the type of code mixing that mostly used by the Indonesian young adults. 2. to uncover the factors affecting the Indonesian young adults to communicate with code mixing. This study uses descriptive qualitative method because the data of this present study contains sentences obtained from WhatsApp messenger. The data consist of 30 sentences used in daily conversations and identified as code mixing. In analyzing the data, the researcher used theories that belong to Muysken (2000) and Hockett (1958). The result in this present study showed that there are 2 types of code mixing found in the data by using Muysken (2000) theory. The researcher found 20 Insertion type of code mixing and 10 Alternation type of code mixing from 30 data in total. The researcher also discovers 11 factors by using Hockett (1958) theory to identified the factors. The researcher discovers, 6 need filling motives and 5 prestige filling motives. This present study is expected be useful as a reference for the future researcher who wants to do similar research on code mixing. The researcher also wants to suggests for the future researcher to explore into the identity and gender role in using code mixing to give deeper knowledge about code mixing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120032
Uncontrolled Keywords: Code, Code Mixing, South Jakartan English,Kode, Code Mixing, Bahasa Jakarta Selatan
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:10
Last Modified: 02 Oct 2023 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203394
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afanin Enno Zhahira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item