Analisis Majas Perumpamaan (比喻) bǐyù Dalam Kitab Mazmur 《 诗篇 书 》 shīpiān shū Jilid III Pada Alkitab Berbahasa Mandarin.

Suteja, Adela Maharani and Ressi Maulidina Delijar,, S.S., M.Li. (2023) Analisis Majas Perumpamaan (比喻) bǐyù Dalam Kitab Mazmur 《 诗篇 书 》 shīpiān shū Jilid III Pada Alkitab Berbahasa Mandarin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan gaya bahasa dalam berbahasa sangat sering ditemukan. Gaya bahasa yang terdapat dalam karya sastra menggambarkan perasaan seseorang yang menulisnya. Salah satu majas yang banyak ditemui dalam karya sastra adalah majas perumpamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas majas perumpamaan serta makna yang terdapat dalam Kitab Mazmur Jilid III. Data penelitian mencakup pasal 73 – 89 dari total keseluruhan 150 pasal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data yang didapat dalam penelitian ini adalah dengan membaca, memahami arti dari setiap ayat, dan mengklasifikasikannya ke jenis majas perumpamaan (比喻) bǐyù. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majas perumpamaan yang terdapat dalam Kitab Mazmur Jilid III yang paling banyak ditemui yaitu majas perbandingan 明喻 míng yù dengan jumlah keseluruhan 20 data diikuti dengan 借喻 jièyù 14 data dan 暗喻 àn yù 6 data.

Other obstract

语言使用中经常会出现不同的风格。文学作品中的语言风格可以描绘出作者的情感。在文学作品中,我们常见到的一种语言风格是比喻修辞。本研究的目的是讨论比喻修辞以及在《诗篇第三卷》中所包含的意义。研究数据包括总共150章节中的第73至89章节。本研究采用的是定性研究方法和描述性研究方法。在本研究中,数据的收集是通过阅读并理解每一节经文的意义,然后对其进行分类,归入比喻修辞的类型比喻 。结果显示,最常用于比较的比喻语言是明喻,共有20个数 据,14个借喻, 6个暗喻.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120026
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, majas perumpamaan, Mazmur
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:56
Last Modified: 29 Sep 2023 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203383
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adela Maharani Suteja.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item