Studi Analisis Kapasitas Lentur dan Pola Retak Struktur Balok Komposit Berongga dengan Variasi Jarak Sambungan Sekrup pada Baja Cold-Formed Ganda Kanal C Berhadapan

Septiwan, Ichlas Yusamal and Dr. Eng. Ir. Desy Setyowulan, ST., M.Sc and Ir. Indra Waluyohadi, S.T., M.T., M.Sc (2023) Studi Analisis Kapasitas Lentur dan Pola Retak Struktur Balok Komposit Berongga dengan Variasi Jarak Sambungan Sekrup pada Baja Cold-Formed Ganda Kanal C Berhadapan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan sektor yang terus berjalan seiring berjalannya waktu, penggunaan bahan beton untuk konstruksi sudah banyak berkembang. Hal yang telah dikembangkan seperti pengurangan berat dan volume dari beton dengan cara memberikan rongga atau lubang pada penampang beton. Akan tetapi, dengan mengurangi volume beton dapat berakibat berkurangnya kekuatan pada struktur tersebut. Dengan demikian dipakailah beton komposit dengan bantuan baja ringan sebagai material pendukung dalam menahan beban pada balok, dipilihnya baja cold-formed dikarenakan baja cold-formed adalah salah satu bahan konstruksi yang berkualitas tinggi, ekonomis dan relatif ringan apabila dibandingkan dengan material lain. Pada penelitian ini menggunakan material profil baja cold-formed dan beton dengan mutu f’c 24,28 sebagai bahan uji. Digunakan benda uji profil kanal ganda C 80x30x9x0,75 berhadapan (toe to toe). Benda uji tersebut akan dimodelkan menggunakan software ABAQUS, dimana akan didapatkan nilai kuat lentur, lendutan, beban maksimal, dan pola retak struktur balok komposit berongga dari pengaruh material profil baja cold-formed. Direncanakan profil ganda kanal C berhadapan diletakkan pada tengah penampang balok, sehingga pada tengah penampang terdapat rongga yang tidak terisi oleh beton (berlubang). Profil ganda kanal C berhadapan disambung menggunakan sambungan sekrup SDS. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin rapat jarak sambungan sekrup maka semakin besar kapasitas beban yang ditahan, dan semakin besar lendutan namun pada variasi jarak sekrup 200 mm terdapat perbedaan yang disebabkan oleh letak pelat dan sekrup pada variasi tersebut dimana tidak terdapat pelat dan sekrup yang tepat berada dibawah load beam atau tengah bentang. Selain itu pola retak yang terjadi pada keseluruhan benda uji menghasilkan pola yang sama yaitu retak lentur.

English Abstract

Infrastructure development is a continuously evolving sector as time progresses. The use of concrete as a construction material has undergone significant advancements. One such development involves reducing the weight and volume of concrete by introducing voids or openings in its cross-section. However, reducing the volume of concrete can result in a decrease in structural strength. Therefore, composite concrete with the assistance of cold-formed steel is utilized as a supportive material to withstand the load on beams. Cold-formed steel is chosen for this purpose because it is a high-quality, economical, and relatively lightweight construction material compared to others. In this study, cold-formed steel profiles and concrete with a compressive strength grade of f'c 24,28 are used as test materials. The test specimens consist of double C-shaped cold-formed steel profiles, with dimensions of 80x30x9x0.75, placed toe to toe. These test specimens will be modeled using ABAQUS software to obtain values for flexural strength, deflection, maximum load, and crack patterns in the hollow composite beam structure under the influence of the cold-formed steel profile. The plan is to position the double C-shaped profiles at the center of the beam's cross-section, creating voids that are not filled with concrete (hollow). The double C-shaped profiles will be connected using SDS screw connections. From this research, it can be concluded that the closer the spacing between screw connections, the greater the load capacity that can be sustained, and the greater the deflection. However, in the case of a screw spacing variation of 200 mm, differences arise due to the positioning of plates and screws in that particular variation, where there are no plates and screws directly located beneath the load beam or at the mid-span. Additionally, the crack patterns observed in the entire test specimen indicate flexural cracking.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070251
Uncontrolled Keywords: Balok Komposit Berongga, Baja Cold-Formed, Jarak Sambungan Sekrup, software ABAQUS, Kapasitas Lentur.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:15
Last Modified: 29 Sep 2023 01:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203373
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ichlas Yusamal Septiawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item