Persepsi Pengunjung Terhadap Faktor Pemasaran Dan Daya Tarik Di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang

Ginting, Gerald Yohannes Ronado and Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic.rer.reg. and Dr. Eng Fadly Usman, ST., MT (2023) Persepsi Pengunjung Terhadap Faktor Pemasaran Dan Daya Tarik Di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah industri kriya di kota Malang yang menarik diteliti adalah Kampung Keramik Dinoyo. Kampung industri keramik yang hadir di kota Malang sejak tahun 1950-an ini terlihat masih dibuka untuk masyarakat umum, walaupun masih terjadi pandemi covid-19. Namun menurut Liza, salah satu pemilik toko Kampung Keramik Dinoyo menjelaskan bahwa pengunjung kini sudah tidak terlalu banyak, terlebih sewaktu pandemi saat ini. Liza juga menjelaskan apabila seringkali disetiap harinya tidak ada satupun orang yang membeli produk keramiknya. Akhirnya untuk mencari biaya kebutuhan sehari-hari, orang-orang di Kampung Keramik sampai menjual beberapa barang lain, yang penting dapat uang untuk kebutuhan sehari-hari. Dari problematika tersebut perlu adanya penelitian mengenai target pasar wisata kampung keramik di Dinoyo Kota Malang serta mengetahui pengaruh faktor pemasaran terhadap daya tarik wisata kampung keramik di Dinoyo Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan 5 variabel penelitian, yaitu variabel atraksi, infrastruktur, image, dan masyarakat sebagai variabel X dan variabel daya tarik wisata sebagai variabel Y dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara daya tarik dan faktor pemasaran secara keseluruhan. Faktor pemasaran yang baik akan berpengaruh positif terhadap daya tarik yang dihasilkan. Pada kampung keramik wisata didapatkan semua faktor pemasaran signifikan berpengaruh terhadap peningkatan daya tarik pengunjung kampung keramik Dinoyo. Faktor yang paling berpengaruh dalam peningkatan daya tarik wisata adalah faktor atraksi wisata dengan signifikansi sebesar 0,00, faktor image dengan signifikansi 0,00, faktor infrastruktur dengan signifikansi 0,001 dan faktor masyarakat dengan signifikansi 0,003. Sehingga model yang dihasilkan pada penelitian ini dapat diaplikasikan dalam pengembangan kampung keramik wisata

English Abstract

One of the craft industries in Malang that is interesting to study is the Dinoyo Ceramic Village. The ceramic industrial village that has been present in Malang since the 1950s is still open to the general public, even though the Covid-19 pandemic is still happening. However, according to Liza, one of the Dinoyo Ceramic Village shop owners, she explained that there were not too many visitors now, especially during the current pandemic. Liza also explained that often every day no one buys her ceramic products. In the end, to find the cost of their daily needs, the people in Kampung Keramik sold several other items, the important thing was to get money for their daily needs. From these problems it is necessary to conduct research on the target market for ceramic village tourism in Dinoyo Malang City and to determine the influence of marketing factors on the attractiveness of ceramic village tourism in Dinoyo Malang City. The research method used is quantitative research with 5 research variables, namely attractions, infrastructure, image, and community variables as X variables and tourist attraction variables as Y variables using multiple regression analysis techniques. The results showed that there is a relationship between attractiveness and marketing factors as a whole. Good marketing factors will have a positive effect on the resulting attraction. In the tourist ceramic village, it was found that all marketing factors had a significant effect on increasing the attractiveness of visitors to the Dinoyo ceramic village. The most influential factor in increasing tourist attraction is the tourist attraction factor with a significance of 0.00, the image factor with a significance of 0.00, the infrastructure factor with a significance of 0.001 and the community factor with a significance of 0.003. So that the model produced in this study can be applied in the development of tourist ceramic villages.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070241
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Daya Tarik Wisata, Industri Kreatif.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:21
Last Modified: 27 Sep 2023 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203356
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GERALD Y R GINTING.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item