Analisis Perilaku Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut ProdukOmah Pudingku Di Bojonegoro

Prasetyo, Sendy Krisma and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP. and Novi Haryati, SP., MP. (2023) Analisis Perilaku Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut ProdukOmah Pudingku Di Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Omah Pudingku merupakan home industry yang sudah berdiri selama dua tahun sejak tahun 2017 dan dikerjakan secara langsung oleh pemiliknya. Penelitian ini dilakukan karena belum ada penelitian yang secara khusus menganalisis perilaku dan kepuasan konsumen terhadap atribut puding ulang tahun Omah Pudingku di Bojonegoro. Meskipun Omah Pudingku sudah dikenal di Bojonegoro, penelitian yang mendalam mengenai perilaku dan kepuasan konsumen terhadap atribut produk mereka masih terbatas. Selain itu perkembangan terbaru di industri makanan dan minuman serta perubahan tren konsumen juga dapat berdampak pada fluktuasi penjualan produk puding. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen antara lain rasa, tekstur, bentuk, warna, merek, kapabilitas kemasan, kepraktisan kemasan, dan harga. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kinerja atribut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk Omah Pudingku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis perilaku dan kepuasan konsumen terhadap atribut produk Omah Pudingku. Uji statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan seluruh variabel yang ada dalam penelitian ini. Uji statistik inferensial untuk mengidentifikasi atribut yang mempengaruhi kualitas produk, kualitas kemasan dan harga terhadap perilaku dan kepuasan konsumen Omah Pudingku. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut telah berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku dan tingkat kepuasan konsumen dengan nilai R² sebesar 0,207. Namun, terdapat area-area tertentu yang dapat ditingkatkan, seperti merek dan kapabilitas kemasan produk. Pengusaha dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan aspek-aspek yang belum sepenuhnya memenuhi harapan konsumen. Pengusaha juga dapat mengarahkan strategi pemasaran mereka dengan lebih efektif dan mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

English Abstract

Omah Pudingku is a home industry that has been established for two years since 2017 and is done directly by the owner. This research was conducted because there was no research that specifically analyzed consumer behavior and satisfaction with the attributes of Omah Pudingku's birthday pudding in Bojonegoro. Even though Omah Pudingku is well known in Bojonegoro, in-depth research on consumer behavior and satisfaction with their product attributes is still limited. In addition, the latest developments in the food and beverage industry as well as changes in consumer trends can also have an impact on fluctuations in sales of pudding products. There are several factors that influence consumer satisfaction, including taste, texture, shape, color, brand, packaging capability, packaging practicality, and price. This study aims to determine the performance of attributes and the level of consumer satisfaction with attributes product of Omah Pudingku. This study uses a quantitative approach in analyzing consumer behavior and satisfaction with the product attributes of Omah Pudingku. Descriptive statistical tests are used to describe all the variables in this study. Inferential statistical test to identify attributes that influence product quality, packaging quality and price on Omah Pudingku consumer behavior and satisfaction. The analytical method used in this research is Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). The results of the study show that the attribute variables have significantly influenced the behavior and level of consumer satisfaction with an R² value of 0.207. However, there are certain areas that could be improved, such as branding and product packaging capabilities. Entrepreneurs can use this information to improve aspects that have not fully met consumer expectations. Entrepreneurs can also direct their marketing strategies more effectively and develop products that match market demands.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040293
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:19
Last Modified: 27 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203329
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sendy Krisma Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item