Analisis Keterkaitan Means-End Chain pada Pembelian Produk Pizza Hut di Kota Malang.

Rahmawati, Qoni'ah Nur and Dr. Ir. Agustina Shinta Hw, , MP. and Prof.Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS. (2023) Analisis Keterkaitan Means-End Chain pada Pembelian Produk Pizza Hut di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi serta gaya hidup yang semakin menunjukkan kemajuan zaman menjadikan konsumen menjadi lebih pintar dan peka terhadap segala suatu kondisi yang terjadi di masyarakat termasuk pembelian produk pada restoran cepat saji. Pada era digital seperti sekarang masyarakat sangat terbantu dengan adanya gadget baik smartphone, PC, tablet, dan sebagainya yang dapat membantu mereka melakukan segala aktivitas secara mudah dan gampang. Namun adanya kemudahan teknologi di masyarakat menjadikan masyarakat orang-orang yang praktis dan tidak mau membuang banyak waktu untuk melakukan segala aktivitasnya, salah satunya adalah memesan makanan. Pada restoran cepat saji seperti sekarang ini yang telah memasuki era digital pelanggan tidak hanya sekedar membeli produk namun harus dapat mendapatkan pengalaman yang mulus dan konsisten (Kotler et al, 2019). Pada kegiatan ini dimaksudkan agar restoran cepat saji menggunakan sistem pemasaran omnichannel atau omnisaluran yang mengharuskannya untuk mendombrak silo saluran dan menyatukan berbagai tujuan dan strategi perusahaan. Ini akan memastikan terlaksanannya upaya bersama pada kegiatan dengan sistem online maupun offline guna mendorong pelanggan membuat komitmen untuk membeli produknya. Tujuan dari penelitian ini Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara pola Means End Chains dan strategi Omnichannel terhadap pembelian produk Pizza Hut di Malang. Penelitian ini dilakukan selama bulan Februari hingga Maret 2020. Pemilihan lokasi penelitian ini pada lingkup mahasiswa Universitas Brawijaya Malang terhadap produk makanan cepat saji Pizza Hut pada fakultas-fakultas yang bersadarkan prodi mahasiswa terbanyak. Dalam melaksanakan penelitian, penentuan responden dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Penggunaan metode Purposive Sampling Pada metode penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode Purpossive sampling dengan sampel sebanyak 75 responden.Dari hasil hasil penelitian mengenai keterkaitan pola means-end chain dengan strategi pemasaran omnichannel, dapat diketahui bahwa Pola means-end chain terdiri dari atribut, konsekuensi, dan nilai. Atribut yang paling diperhatikan oleh responden yaitu tampilan produk, sedangkan konsekuensi yang paling dirasakan oleh responden yaitu nilai sosial, dan nilai yang paling diharapkan oleh responden adalah kepuasan. Pada strategi pemasaran omnichannel, sebagian besar responden memiliki ketertarikan atau kecenderungan memilih online maupun offline tergantung dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada pembelian produk Pizza Hut , sedangkan pemasaran produk tersebut diketahui seluruh responden hanya melalui media online maupun offline. Keterkaitan pola means-end chain dengan strategi pemasaran omnisaluran berdasarkan gaya hidup konsumen antara lain tampilan produk menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasaran produk tersebut secara online maupun offline.

English Abstract

The development of technology and lifestyle as it is today makes consumers become smarter and more sensitive to all conditions that occur in society, including purchasing products at fast food restaurants. In the digital era like now people are greatly helped by the presence of gadgets both smartphones, PCs, tablets, and so on that can help them carry out all activities easily and easily. But the availability of technology in the community makes people practical and do not want to waste a lot of time doing all their activities, one of which is ordering food. In fast food restaurants like now that have entered the digital era, customers not only buy products but must be able to get a seamless and consistent experience (Kotler et al, 2019). In this activity it is intended that fast food restaurants use an omnichannel or omnischannel marketing system that requires them to break up channel silos and unite various corporate goals and strategies. This will ensure joint implementation of activities with online and offline systems to encourage customers to make commitments to buy their products. The purpose of this study This study was to determine the relationship between the Means End Chains pattern and the Omnichannel strategy for purchasing Pizza Hut products in Malang. This research was conducted from February to March 2020. The choice of location for this research was in the scope of students at Brawijaya University Malang for Pizza Hut fast food products in faculties that were based on the most student study programs. In carrying out the research, the determination of respondents was carried out using the purposive sampling method. Use of the Purposive Sampling Method In the method of determining respondents, it was carried out using a purposive sampling method with a sample of 75 respondents. From the results of research on the relationship between means-end chain patterns with the omnichannel marketing strategy, it can be seen that the means-end chain pattern consists of attributes, consequences, and values. The attribute most noticed by respondents is product display, while the consequences most felt byrespondents are social value, and the value most expected by respondents is satisfaction. In omnichannel marketing strategy, most respondents have an interest or tendency to choose online and offline depending on the situation and conditions that occur in the purchase of Pizza Hut products, while marketing the product is known to all respondents only through online and offline media. The linkage between the means-end chain pattern and the marketing strategy of the channel based on the consumer's lifestyle, among others, the display of the product becomes an important thing that must be considered in marketing the product online and offline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040286
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:08
Last Modified: 27 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203311
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Qoni'ah Nur Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item