Utami, Prineke Putri and Febriananda Faizal,, SP., MP. and Septian Maulana Purnama, SP., MP., MBA. (2023) Strategi Pengembangan Usaha Bisnis Olahan Pisang Pada Usaha Banabooth di Situbondo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan suatu perusahaan ditentukan oleh kemampuan dalam membangun sebuah strategi yang sesuai untuk mencapai seluruh tujuan, visi dan misi serta memberikan kemajuan bagi perusahaan. Strategi pengembangan usaha bisnis merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan profitabilitas dan kemampuan perusahaan. Apabila penerapan strategi pengembangan bisnis telah dilakukan dengan benar, maka pangsa pasar bisnis lebih meningkat. Masyarakat Kabupaten Situbondo saat ini tengah gemar mengonsumsi makanan ringan yang dijual oleh para pemilik bisnis terutama di bidang kuliner. Banabooth adalah salah usaha di bidang kuliner yang menjual produk dengan bentuk banana roll yang memiliki berbagai macam varian rasa. Target konsumen Banabooth sendiri adalah dari semua kalangan masyarakat, baik anak kecil hingga orang dewasa. Usaha ini masih tergolong usaha kecil karena masih dalam tahap pengembangan bisnis dalam meningkatkan pertumbuhan usaha Banabooth. Pada proses pengembangan usaha bisnis, Banabooth harus menerapkan suatu model bisnis yang dapat membantu dan meningkatkan reputasi perusahaan di pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model bisnis dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas dibantu dengan alat analisis VRIO (value, rare, imitability, organization) untuk mengidentifikasi sumber daya internal dan eksternal yang ada pada Banaboooth Situbondo serta dibantu oleh analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threat), matrik IFE (internal factor evaluation), matriks EFE (eksternal factor evaluation) dan QSPM (quantitative strategic planning matrix) untuk mengetahui rancangan strategi pengembangan bisnis yang cocok bagi Banabooth menyesuaikan kondisi saat ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif disertai dengan pendekatan kuantitatif. Pihak yang akan mengisi peneliti wawancara dan mengisi kuisioner berjumlah tiga orang yaitu pemilik Banabooth, satu orang staf produksi dan satu orang staf keuangan. Hasil yang diperoleh dari tujuan penelitian ini yakni : (1) penerapan model bisnis Banabooth dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas dengan 9 (sembilan) elemen telah terpenuhi, yaitu key partnerships (kemitraan utama), key activities (aktivitas utama), key resources (sumber daya utama), value proposition (proposisi nilai), customer relationships (hubungan pelanggan), channels (saluran), customer segment (segmentasi pasar), revenue streams (arus pendapatan) dan cost structure (struktur biaya). (2) identifikasi sumber daya yang ada pada Banabooth dengan menggunakan analisis VRIO adalah pada resources Banabooth tidak memiliki sumber daya dengan keunggulan kompetitif sementara untuk capabilities Banabooth hanya memiliki satu keunggulan kompetitif yaitu pada reputasi merek. (3) Banabooth memiliki 7 (tujuh) kekuatan dan 6 (enam) kelemahan pada faktor internal, sementara pada faktor ekstenal Banabooth memiliki 7 (tujuh) peluang dan 6 (enam) ancaman. (4) Banabooth mendapatkan 3 (tiga) strategi alternatif yang sesuai dengan kondisi Banabooth saat ini.
English Abstract
The development of a company is determined by the ability to build an appropriate strategy to achieve all goals, vision and mission and provide progress for the company. Business development strategy is an effort made by the company that has the aim of increasing the profitability and ability of the company. If the implementation of the business development strategy has been carried out correctly, the business market share will increase. The people of Situbondo Regency are currently fond of consuming snacks sold by business owners, especially in the culinary field. Banabooth is one of the businesses in the culinary field that sells products in the form of banana rolls that have various flavors. Banabooth's target customers are from all walks of life, from children to adults. This business is still classified as a small business because it is still in the stage of business development in increasing Banabooth's business growth. In the process of business development, Banabooth must implement a business model that can help and improve the company's reputation in the market. The purpose of this research is to analyze the application of the business model using the Business Model Canvas approach assisted by the VRIO (value, rare, imitability, organization) analysis tool to identify internal and external resources available at Banaboooth Situbondo and assisted by SWOT (strength, weakness, opportunities, threat) analysis, IFE (internal factor evaluation) matrix, EFE (external factor evaluation) matrix and QSPM (quantitative strategic planning matrix) to determine the design of a suitable business development strategy for Banabooth according to current conditions. This type of research uses a descriptive qualitative approach accompanied by a quantitative approach. The parties who will fill in the researcher interview and fill in the questionnaire amounted to three people, namely the owner of Banabooth, one production staff and one financial staff. The results obtained from the objectives of this research are: (1) the implementation of Banabooth's business model using the Business Model Canvas approach with 9 (nine) elements has been fulfilled, namely key partnerships, key activities, key resources, value proposition, customer relationships, channels, customer segment, revenue streams and cost structure. (2) Identification of existing resources at Banabooth using VRIO analysis is that in resources Banabooth does not have resources with competitive advantage while for capabilities Banabooth only has one competitive advantage which is in brand reputation. (3) Banabooth has 7 (seven) strengths and 6 (six) weaknesses in internal factors, while in external factors Banabooth has 7 (seven) opportunities and 6 (six) threats. (4) Banabooth has 3 (three) alternative strategies that are suitable for Banabooth's current condition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523040285 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 01:08 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 01:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203304 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Prineke Putri Utami.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |