Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Belimbing (Studi Kasus UD. Cemara Sari Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar).

Etikasari, Mila and Prof.Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS. and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Belimbing (Studi Kasus UD. Cemara Sari Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belimbing merupakan salah satu komoditas pertanian hortikultura yang banyak dikembangkan di Kota Blitar, Jawa Timur khususnya Belimbing varietas Karangsari Merah. UD. Cemara Sari menjadi salah satu perusahaan yang mengolah buah belimbing menjadi produk “Keripik Belimbing Cemara Sari”. Namun, UD. Cemara Sari mengalami kendala penurunan penjualan dalam 3 tahun terakhir yang menyebabkan penurunan pendapatan. Konsumen memiliki peran penting dalam sebuah usahatidak terkecuali untuk usaha produk “Keripik Belimbing Cemara Sari”. Pentingnya peran konsumen menjadi salah satu hal yang menjadi dasar perusahaan untuk selalu memastikan menjaga kepuasannya. Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan, karena kepuasan konsumen dapat meningkatkan keunggulan bersaing sebuah perusahaan seperti halnya UD. Cemara Sari yang perlu memperhatikan kepuasan konsumen Keripik Belimbing Cemara Sari sebagai bahan evaluasi dan perbaikan produk. Informasi kepuasan konsumen dapat dilihat melalui atribut produk Keripik Belimbing Cemara Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada bulan November 2022 hingga Februari 2023. Lokasi penelitian ini terletak di UD. Cemara di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Jumlah responden dalam penelitian ini sebesar 90 responden yang ditentukan berdasarkan rule of the thumb dan metode penentuan sampel dengan purposive sampling. Teknik penganbilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Analisis kepuasan konsumen menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan atribut yaitu merek, harga, rasa, tekstur, aroma, warna, bentuk, label dan desain kemasan mendapatkan hasil CSI sebesar 74,45% dan termasuk dalam kategori puas. Hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan atribut Rasa mendapatkan nilai kepentingan dan kinerja tertinggi dengan nilai rata-rata masing-masing 4,71 dan 4,16. Atribut produk dengan kepentingan dan kinerja yang perlu dipertahankan (Kuadran II) yaitu atribut harga, rasa, label dan desain kemasan. Atribut yang termasuk prioritas rendah namun dapat ditingkatkan kinerjanya (Kuadran III) yaitu atribut merek, tekstur, warna dan bentuk. Atribut yang memiliki kinerja tinggi namun kurang dianggap penting (Kuadran IV) yaitu atribut aroma.

English Abstract

Starfruit is one of the horticultural agricultural commodities that has been widely developed in Blitar City, East Java, especially the Karangsari Merah Starfruit variety. UD. Cemara Sari is one of the companies that process star fruit into “Cemara Sari Starfruit Chips” products. However, UD. Cemara Sari experienced problems with declining sales in the last 3 years which led to a decrease in revenue. Consumers have an important role in a business, including the product business "Cemara Sari Starfruit Chips". The important role of consumers is one of the things that form the basis of companies to always ensure that they maintain their satisfaction. Consumer satisfaction is something that needs attention and improvement because customer satisfaction can increase a company's competitive advantage, such as UD. Cemara Sari needs to pay attention to consumer satisfaction Cemara Sari Starfruit Chips are material for product evaluation and improvement. Information on consumer satisfaction can be seen through product attributes Cemara Sari Starfruit Chips. This research used a quantitative descriptive approach which done from November 2022 to February 2023 at UD. Cemara in Karangsari Village, Sukorejo District, Blitar City. The number of respondents in this study amounted to 90 respondents who were determined based on the r and the method of determining the sample by purposive sampling. The data collection technique for this research used a questionnaire online. Analysis of customer satisfaction uses Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) methods. The results show that all attributes satisfy the consumers74.45%. The results of the Importance Performance Analysis (IPA) show that the Taste attribute gets the highest importance and performance values with an average value of 4.71 and 4.16 respectively. Product attributes with importance and performance that need to be maintained (Quadrant II) are price, taste, label and packaging design attributes. Attributes that are a low priority but whose performance can be improved (Quadrant III) are brand, texture, color and shape attributes. Attributes that have high performance but are considered less important (Quadrant IV) are aroma attributes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040270
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:03
Last Modified: 26 Sep 2023 01:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203285
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mila Etikasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item