Abdullah,, Muhammad Reza (2023) citra destinasi pengaruhnya terhadap minat berkunjung kembali, dengan daya saing sebagai variabel mediasi dan budaya lingkungan hijau sebagai variabel moderasi (studi pada destinasi wisata di bali),. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra destinasi dikaitkan dengan minat berkunjung kembali yang dimoderasi oleh budaya lingkungan hijau dan dimediasi oleh daya saing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden wisatawan nusantara yang berkunjung ke destinasi wisata sangeh dan Penelokan Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung citra destinasi terbukti terkait dengan minat berkunjung kembali. Citra destinasi berpengaruh terhadap daya saing pariwisata. daya saing pariwisata berpengaruh terhadap minat berkunjung Kembali ke destinasi wisata. Hasil penelitian menunjukan daya saing mampu memediasi hubungan citra destinasi dengan minat berkunjung Kembali, dalam penelitian ini daya saing menjadi hal penting dalam mendorong citra destinasi meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke destinasi Sangeh dan Penelokan. Demikian juga budaya lingkungan hijau secara langsung mampu meningkatkan minat berkunjung kembali Namun tidak memoderasi citra destinasi dalam meningkatkan minat berkunjung kembali. Hal ini karena pengunjung terhadap budaya lingkungan hijau berbeda beda karakteristik dan persepsi.
English Abstract
This study aims at analyzing and explaining the effect of estination image on return visits that are moderated by green environmental culture and mediated by competitiveness. This study employed a quantitative approach using SmartPLS (Part Lease Square) as its data analysis technique. The data collection was conducted through the distribution of questionnaires to 98 domestic tourists visiting Sangeh and Penelokan Bali. The research result showed a correlation between destination image and interest in return visits. Moreover, destination image alos showed a correlation to competitiveness that eventually increased interest in return visits. Similarly, green environmental culture could directly grow return visits interest; however, it did not moderate destination image in increasing interes in return visits. This is because visitors had different characteristics and perspectives toward green environmental culture. In this study, competitiveness is important in promoting destination image; which in turn, increased visitors interest in visiting Sangeh and Penelokan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | :0523020064 |
Uncontrolled Keywords: | Citra destinasi, daya sain Destination image, competitiveness, green environmental culture, return visit interest.g, budaya lingkungan hijau dan minat berkunjung kembali. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203275 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD REZA A.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |