Perubahan Guna Lahan di Sekitar Pintu Tol Madyopuro (Studi Kasus : Kelurahan Madyopuro)

Fisara, Dennizza Arsya and Dr. Eng. Turniningtyas Ayu Rachmawati, ST., MT. and Dr. Eng. I Nyoman Suluh Wijaya, ST., MT (2023) Perubahan Guna Lahan di Sekitar Pintu Tol Madyopuro (Studi Kasus : Kelurahan Madyopuro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan salah satu strategi pemerintah mewujudkan pembangunan secara merata. Ruas Malang-Pandaan merupakan Tol Trans Jawa yang melalui Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Malang. Pembangunan Jalan Tol Malang-Pandaan secara langsung maupun tidak akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan seperti pergeseran penggunaan lahan terutama di sekitar Pintu Tol Madyopuro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan guna lahan setelah adanya pembangunan Pintu Tol Madyopuro di Kelurahan Madyopuro dengan menggunakan analisis overlay, mengetahui keterkaitan perubahan guna lahan dengan perubahan harga lahan dengan menggunakan analisis korelasi, dan menganalisis faktor yang mempengaruhi perubahan guna lahan di sekitar Pintu Tol Madyopuro dengan menggunakan analisis faktor eksploratori. Perubahan guna lahan yang terjadi sebelum dan sesudah adanya Pintu Tol Madyopuro didominasi oleh penurunan luas ladang sebesar 49,54 hektar atau perubahan sebesar 12,26% dari luas total Kelurahan Madyopuro. Guna lahan badan jalan mengalami penambahan luas sebesar 7,62 hektar akibat adanya pembangunan Pintu Tol Madyopuro yang merupakan bagian dari Proyek Jalan Tol Malang-Pandaan. Harga lahan pula mengalami kenaikan hingga 156% dari harga lahan sebelum Keterkaitan hubungan perubahan guna lahan yang berbatasan secara langsung dengan Pintu Tol Madyopuro dan harga lahan memiliki nilai korelasi 0,3 yang termasuk kedalam korelasi dengan klasifikasi rendah. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis faktor perubahan guna lahan menjadi guna lahan perdagangan dan jasa diketahui bahwa terdapat 7 faktor yang mempengaruhi perubahan guna lahan di sekitar Pintu Tol Madyopuro. Faktor tersebut adalah jarak sarana dari guna lahan, faktor kebijakan, faktor kenyamanan lingkungan, faktor ketersediaan sarana dan prasarana, faktor ekonomi, faktor lokasi guna lahan, dan faktor kerawanan bencana.

English Abstract

Toll road construction is one of the government's strategies to realize equitable development. The Malang-Pandaan section is a Trans Java Toll Road that passes through Pasuruan Regency, Malang Regency and Malang City. The construction of the Malang-Pandaan Toll Road will directly or indirectly have an impact on the environment such as a shift in land use, especially around the Madyopuro Toll Gate. This study aims to analyze land use change after the construction of Madyopuro Toll Gate in Madyopuro Village by using overlay analysis, knowing the relationship between land use change and land price change by using correlation analysis, and analyzing factors that influence land use change around Madyopuro Toll Gate by using exploratory factor analysis. Land use change that occurred before and after the Madyopuro Toll Gate was dominated by a decrease in the area of fields by 49.54 hectares or a change of 12.26% of the total area of Madyopuro Village. Roadside land use increased by 7.62 hectares due to the construction of the Madyopuro Toll Gate, which is part of the Malang-Pandaan Toll Road Project. The land price also increased by 156% from the land price before the Madyopuro Toll Gate. The relationship between land use change directly adjacent to the Madyopuro Toll Gate and land price has a correlation value of 0.3, which is included in the low correlation classification. Furthermore, based on the results of the factor analysis of land use change to trade and service land use, it is known that there are 7 factors that influence land use change around the Madyopuro Toll Gate. These factors are distance from land use facilities, policy factors, environmental comfort factors, availability of facilities and infrastructure factors, economic factors, land use location factors, and disaster vulnerability factors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070204
Uncontrolled Keywords: Pintu-Tol, Harga-Lahan, Faktor Perubahan-Guna Lahan
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:17
Last Modified: 25 Sep 2023 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203247
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dennizza Arsya Fisara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item