Pengaruh Sikap, Motivasi, dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Premium Harvested Hydroponic Melon The Farmhill)

Naeharop, Daffa Bosie and Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si. and Heptari Elita Dewi, SP., MP. (2023) Pengaruh Sikap, Motivasi, dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Premium Harvested Hydroponic Melon The Farmhill). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat Indonesia saat ini semakin sadar akan pentingnya kebutuhan gizi individu yang menimbulkan perubahan pola makan yang lebih sehat di masyarakat. Hal tersebut meningkatkan permintaan akan sayur dan buah untuk dikonsumsi. PT. Kebun Bumi Lestari dengan merk dagang “The Farmhill” adalah salah satu perusahaan pertanian yang fokus utamanya saat ini memproduksi melon premium bernama Melon Premium Harvested Hydroponic (Melon PHH). The Farmhill memiliki goals untuk menjadi market leader pada pasar melon premium di Indonesia. Oleh karena itu, The Farmhill sedang mengupayakan untuk mengembangkan strategi pemasaran efektif seperti memperluas pemasaran dan meningkatkan kuantitas daya serap produk. Permasalahan yang muncul saat ini adalah jumlah daya serap outlet mitra yang naik turun sehingga penjualan yang dilakukan menjadi tidak optimal. Hal ini terjadi dikarenakan permintaan konsumsi produk sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh sikap konsumen, motivasi konsumen, dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian produk Melon PHH dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei - juni 2023. Jumlah sampel penelitian adalah 60 responden. Data primer penelitian diperoleh dengan kuesioner secara online melalui google form. Analisis kuantitatif menggunakan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS 4. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian, diketahui bahwa : 1) Pengujian hipotesis membuktikan bahwa sikap konsumen tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kedua variabel independen lainnya yaitu motivasi dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Selanjutnya, hasil uji variabel penelitian terhadap variabel minat beli menunjukkan bahwa sikap tidak mempengaruhi minat beli secara signifikan, tetapi variabel motivasi dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. 3) Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa minat beli berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4) Hasil data penelitian memperlihatkan bahwa minat beli tidak dapat memediasi sikap terhadap keputusan pembelian, namun minat dapat memediasi variabel motivasi dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dari data hipotesis. Saran untuk perusahaan adalah The Farmhill dapat mempertahankan dan meningkatkan perhatiannya terhadap variabel motivasi dan gaya hidup konsumen, karena kedua variabel tersebut berperan besar dalam mempengaruhi minat beli konsumen dan keputusan pembelian konsumen. Perusahaan dapat memfokuskan target segmentasi konsumen dan dapat meningkatkan strategi promosinya sehingga produk main dikenal di masyarakat. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti variabel lain seperti harga, Brand Image, pengaruh peran promosi, atribut produk, dan faktor lainnya untuk mengetahui dampak variabel tersebut terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The increasing awareness of the importance of individual nutritional needs in Indonesia has led to a shift towards healthier eating habits and its increased demand for fruits and vegetables. PT. Kebun Bumi Lestari, under trading brand "The Farmhill", is a farming company that focuses on producing premium melons called Melon Premium Harvested Hydroponic (Melon PHH). The Farmhill aims to become the market leader for premium melons in Indonesia by expanding its marketing strategies and improving product absorption rates. However, fluctuations in outlet partner absorption rates have resulted in suboptimal sales due to consumer behavior strongly influencing product consumption demands. Therefore, this study analyzes the impact of consumer attitudes, motivations, and lifestyles on purchasing decisions for Melon PHH products with purchase intention as a mediating variable. Data will be collected from 60 respondents through online questionnaires using Google Forms during May-June 2023. Quantitative analysis was conducted using SEM-PLS through SmartPLS 4 application. Based on the results of the analysis conducted in this research, it is found that: 1) Hypothesis test proves that consumer attitude does not have a significant influence on purchase decision, while other independent variables such as motivation and lifestyle have a positive and significant influence on purchase decision. 2) The test results of the research variables against the variable of purchase intention indicate that attitude does not significant influence on purchase intention, but motivation and lifestyle have a significant influence on purchase intention. 3) Hypothesis test shows that purchase intention has a positive and significant influence on purchase decision. 4) The research data reveals that purchase intention cannot mediate the variable attitude on purchase decisions. However, purchase intention can mediate two other independent variable between motivation and lifestyle on purchase decision. Recommendation for The Farmhill company is to maintain and enhance their focus towards significant variables such as motivation and lifestyle among consumers because both variable play a big role in influencing consumer's purchase intention and purchase decision. The company can focus on target market segmentation strategies while also improving promotional strategies to increase product awareness among consumers. For future research, it would be beneficial to explore other variables such as price, brand image, promotional influences, product attributes, along with other factors to determine their impact on purchase decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040247
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:02
Last Modified: 22 Sep 2023 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203205
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daffa Bosie Naeharop.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item