Keputusan Pembelian Layanan Pesan Antar Makanan dan Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Malang: Pendekatan Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model

Irawan, Cholista Ferry and Dr. Silvana Maulidah, SP., MP. and Dr. Riyanti Isaskar, SP., MSi. (2023) Keputusan Pembelian Layanan Pesan Antar Makanan dan Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Malang: Pendekatan Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pada era globalisasi telah memberikan perubahan bagi masyarakat baik dalam aspek sosial, ekonomi maupun budaya. Perkembangan teknologi yang masif ini telah menciptakan peluang pekerjaan dan usaha baru yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satu potensi bisnis yang tercipta akibat adanya perkembangan teknologi informasi yang masif ini yakni dengan munculnya suatu peluang usaha melalui e-commerce. Penelitian ini berfokus pada layanan pesan antar makanan yang meliputi Grabfood, Gofood dan Shopeefood. ujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keputusan pembelian makanan dan minuman secara online melalui aplikasi layanan pesan antar dengan melihat pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) meliputi manfaat yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, norma subjektif, kontrol perilaku yang dimediasi oleh sikap dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan secara online pada 120 responden. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 8.0. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang pada bulan Februari hingga Maret 2023. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi manfaat yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, norma subjektif, kontrol perilaku, sikap, minat beli, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) TAM berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. (2) TAM dan TPB secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. (3) TAM dan TPB secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi minat beli. (4) TAM secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi sikap dan minat beli. (5) Implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh pengembang aplikasi layanan pesan antar untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dengan menyediakan layanan pengantaran yang lebih cepat, platform yang cepat, dan memberikan berbagai bonus, promo, poin dan membership bagi konsumen. Pengembang aplikasi layanan pesan antar juga perlu meningkatkan aspek kemudahan dalam mengunakan platform dan mendesain User Interface dan User Experience yang mudah dipelajari dan digunakan oleh konsumen.

English Abstract

Technological developments in the era of globalization have provided changes to society both in social, economic and cultural aspects. This massive technological development has created new job and business opportunities that never existed before. One of the business potentials created as a result of this massive information technology development is the emergence of a business opportunity through e-commerce. This research focuses on food delivery services which include Grabfood, Gofood and Shopeefood. The aim of this study was to analyze the decision to purchase food and beverages online through delivery service applications by looking at the influence of the Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB) including perceived usefulness, perceived ease of use, subjective norms, behavioral control, mediated by attitude and buying interest. This study uses a quantitative approach with data collection techniques through questionnaires given online to 120 respondents. The data in this study were analyzed using the Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) analysis tool with the WarpPLS 8.0 application. This research was conducted in Malang City from February to March 2023. The variables used in this study included perceived usefulness, perceived ease of use, subjective norms, behavioral control, attitudes, purchase interest, and purchase decisions. The results of the study show that (1) TAM has a positive and significant effect on attitudes. (2) TAM and TPB have a direct positive and significant effect on consumer buying interest. (3) TAM and TPB indirectly have a positive and significant effect on purchasing decisions through the mediating variable of buying interest. (4) TAM indirectly have a positive and significant effect on purchasing decisions through the mediating variables of attitude and purchase interest. (5) Managerial implications that delivery service application developers can make to improve consumer purchasing decisions by providing faster delivery services, fast platforms, and providing various bonuses, promos, points and membership for consumers. Delivery service application developers also need to improve the ease of use of the platform and design of User Interfaces and User Experiences that are easy for consumers to learn and use.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423040005
Uncontrolled Keywords: TAM, TPB, e-commerce, food delivery services, purchase intention, purchase decision,TAM, TPB, e-commerce, layanan pesan antar, minat beli, keputusan pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering and related technologies > 660.6 Biotechnology
Divisions: S2/S3 > Magister Bioteknologi Agroindustri, Fakultas Pertanian
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:53
Last Modified: 22 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203203
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cholista Ferry Irawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item