Citra Destinasi pengaruhnya terhadap Minat Berkunjung kembali, dengan Daya Saing sebagai variabel mediasi dan Budaya Lingkungan Hijau sebagai variabel moderasi (studi pada destinasi wisata di bali)

Abdullah, Muhammad Reza and Prof. Dr. Margono Setiawan,, SU., MM and Prof.Dr. Dra Sumiati,, M.Si., CFP and Dodi Wirawan Irawanto,, SE, M.Com., Ph.D (2023) Citra Destinasi pengaruhnya terhadap Minat Berkunjung kembali, dengan Daya Saing sebagai variabel mediasi dan Budaya Lingkungan Hijau sebagai variabel moderasi (studi pada destinasi wisata di bali). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Muhammad Reza Abdullah, Program Doktor Ilmu Manajemen, Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, citra destinasi pengaruhnya terhadap minat berkunjung kembali, dengan daya saing sebagai variabel mediasi dan budaya lingkungan hijau sebagai variabel moderasi (studi pada destinasi wisata di bali),2023. Promotor: Margono Setiawan, Co-Promotor: 1 Sumiati. Ko Promotor 2: Dodi.Wirawan Irawanto. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra destinasi dikaitkan dengan minat berkunjung kembali yang dimoderasi oleh budaya lingkungan hijau dan dimediasi oleh daya saing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden wisatawan nusantara yang berkunjung ke destinasi wisata sangeh dan Penelokan Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung citra destinasi terbukti terkait dengan minat berkunjung kembali. Citra destinasi berpengaruh terhadap daya saing pariwisata. daya saing pariwisata berpengaruh terhadap minat berkunjung Kembali ke destinasi wisata. Hasil penelitian menunjukan daya saing mampu memediasi hubungan citra destinasi dengan minat berkunjung Kembali, dalam penelitian ini daya saing menjadi hal penting dalam mendorong citra destinasi meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke destinasi Sangeh dan Penelokan. Demikian juga budaya lingkungan hijau secara langsung mampu meningkatkan minat berkunjung kembali Namun tidak memoderasi citra destinasi dalam meningkatkan minat berkunjung kembali. Hal ini karena pengunjung terhadap budaya lingkungan hijau berbeda beda karakteristik dan persepsi.

English Abstract

Muhammad Reza Abdullah, Doktoral Program in Management, Facultty of Economics and Business. Universitas Brawijaya. The Effect of Destination Image toward Return Visit Interest with Competitiveness as the Mediating variable and Green Environmetal Culture as the Moderating variable (A Study on Tourist Destinations in Bali), 2023. Promotor: Margono Setiawan, Co-Promotor 1: Sumiati. Co-Promotor 2: Dodi Wirawan Irawanto. This study aims at analyzing and explaining the effect of estination image on return visits that are moderated by green environmental culture and mediated by competitiveness. This study employed a quantitative approach using SmartPLS (Part Lease Square) as its data analysis technique. The data collection was conducted through the distribution of questionnaires to 98 domestic tourists visiting Sangeh and Penelokan Bali. The research result showed a correlation between destination image and interest in return visits. Moreover, destination image alos showed a correlation to competitiveness that eventually increased interest in return visits. Similarly, green environmental culture could directly grow return visits interest; however, it did not moderate destination image in increasing interes in return visits. This is because visitors had different characteristics and perspectives toward green environmental culture. In this study, competitiveness is important in promoting destination image; which in turn, increased visitors interest in visiting Sangeh and Penelokan.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: :0523020054
Uncontrolled Keywords: Citra destinasi, daya saing, budaya lingkungan hijau dan minat berkunjung kembali,Destination image, competitiveness, green environmental culture, return visit interest
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:37
Last Modified: 22 Sep 2023 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203199
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Raza Abdullah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item