Analisis Sustainability Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Lumbung Stroberi Pada BUMDES di Kota Batu

Tawakkal, Ahmad Zulfani and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, MS and Dr. Ir. Agustina Shinta, HW, MP (2023) Analisis Sustainability Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Lumbung Stroberi Pada BUMDES di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BUMDes merupakan suatu badan usaha yang dimiliki oleh desa yang memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat desa. Salah satu tempat penghasil buah stroberi terbesar di Kota Batu yaitu Lumbung Stroberi yang merupakan unit usaha dari BUMDes Raharjo dan menjadi salah satu ikon khas destinasi Desa Wisata Pandanrejo. Penduduk desa yang mayoritas adalah para petani stroberi bergabung dengan Lumbung Stroberi dalam pemasaran produknya. Pada tahun 2019 terdapat sekitar 80 petani stroberi yang bergabung pada BUMDES Raharjo, yang mengelola lahan seluas 8-9 hektar. Kemudian dari tahun 2020 hingga tahun 2022 naik hingga tiga sampai empat kali lipat dengan wilayah atau lahan seluas 20 hektar. Hal ini juga menjadi keuntungan sekaligus masalah yang yang perlu ditangani oleh Lumbung Stroberi. Keuntungan yang didapat adalah banyaknya pasokan buah yang dapat dijual setiap saat, sedangkan permasalahan yang terjadi adalah kurang siapnya Lumbung Stroberi pada saat panen raya tiba karena jumlah permintaan tidak sebanding dengan jumlah produk yang dihasilkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Februari 2023. Lokasi dalam penelitian ini yaitu Agrowisata Lumbung Stroberi, Desa Pandanrejo Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu, Jawa Timur dengan 65 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling menggunakan acidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner offline dan online. Hasil data pada penelitian ini diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS (Partial Least Square) dan menggunakan analisis statistik deskriptif. Variabel pada penelitian ini yaitu diantaranya variabel eksogen yaitu customer solution, customer cost, communication, serta convenience. Sedangkan variabel endogen pada penelitian ini adalah minat beli pengunjung. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel customer solution, customer cost, communication, serta convenience memiliki pengaruh positif dan signifikan. Nilai koefisien jalur pada variabel customer solution (X1) memiliki nilai sebesar 0.19, nilai pada customer cost (X2) memiliki nilai sebesar 0.32, nilai koefisien jalur pada communication (X3) sebesar 0.19, dan nilai koefisien jalur convenience sebesar 0.27. dengan demikian nilai tersebut menunjukkan hubungan positif atau berbanding lurus.

English Abstract

BUMDes are business entities owned by villages that have an important role in the economy of rural communities. One of the biggest strawberry-producing places in Batu City is the Strawberry Granary which is a business unit of BUMDes Raharjo and is one of the typical icons of Pandanrejo Tourism Village destinations. The majority of the villagers, who are strawberry farmers, join the Strawberry Barn in marketing their products. In 2019 there were around 80 strawberry farmers who joined BUMDES Raharjo, which manages 8-9 hectares of land. Then from 2020 to 2022, it will increase three to four times with an area or land area of 20 hectares. This is also an advantage as well as a problem that needs to be addressed by the Strawberry Barn. The advantage is that there is a large supply of fruit that can be sold at any time, while the problem that occurs is that the Strawberry Barn is not ready when the main harvest arrives because the number of requests is not proportional to the number of products produced. This research approach uses a quantitative approach, conducted from December 2022 to February 2023. The location in this research is Lumbung Strawberry Agrotourism, Pandanrejo Village, Bumi Aji District, Batu City, East Java. The sampling technique used in this study was non-probability sampling using accidental sampling. Data collection techniques used offline and online questionnaires. The results of the data in this study were processed using the Structural Equation Modeling (SEM) analysis method with the WarpPLS (Partial Least Square) approach and using descriptive statistical analysis. The variables in this study include exogenous variables, namely customer solutions, customer costs, communication, and convenience. While the endogenous variable in this study is visitor satisfaction. The results obtained in this study indicate that the four variables of customer solution, customer cost, communication, and convenience have a positive and significant influence. The path coefficient value on the customer solution variable (X1) has a value of 0.19, the value of customer cost (X2) has a value of 0.32, the path coefficient value on communication (X3) is 0.19, and the path convenience coefficient value is 0.27. thus the value shows a positive or directly proportional relationship..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040244
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:00
Last Modified: 22 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203193
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Zulfani Tawakkal.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item