Hernando, Raka Aditya and Hefti Salis Yufidasari,, S.Pi.,MP and Bayu Kusuma,, S.Pi, M.Sc. (2023) Analisis Persepsi Konsumen Mahasiswa Terhadap Menu Produk Perikanan Di Kafe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk hasil olahan ikan merupakan salah satu keunggulan komparatif maupun kompetitif yang kita miliki sebagai bahan pangan dengan sumber protein hewani yang tinggi. Namun kenyataannya konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk perikanan masih tergolong rendah. Padahal upaya peningkatan konsumsi produk perikanan akan banyak memberikan multiflier effect. Salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan adalah dengan dilakukannya diversifikasi produk perikanan serta turut andilnya dari pemerintah, aktivis sosial maupun mahasiswa dengan sering melakukan kampanye atau sosialisasi gemar makan ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa sebagai konsumen kafe terhadap menu produk perikanan. Penelitian ini dilakukan selama 18 hari mulai dari tanggal 13 - 31 maret 2023 terhadap 300 responden mahasiswa yang menjadi konsumen kafe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu dengan membuat pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan kepada responden. Kemudian membuat google kuesioner dengan daftar pertanyaan yang sudah dibuat. Setelah itu dilakukan pembagian google kuesioner terhadap 300 responden, yang kemudian akan dilakukan pengumpulan data dan pengolahan data. Metode pengujian data yang digunakan adalah metode pengujian ragam (ANOVA) dimana jika terdapat pengaruh nyata maka akan dilanjutkan dengan uji Duncan dengan Software SPSS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kelamin berbeda nyata terhadap frekuensi pergi ke kafe, sedangkan usia tidak berbeda nyata terhadap frekuensi responden untuk pergi ke kafe. Dan juga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kelamin tidak berbeda nyata terhadap bugdet yang dihabiskan oleh responden. sedangkan usia berbeda nyata terhadap bugdet yang dihabiskan oleh responden Ketika di kafe. Sedangkan untuk perspektif mahasiswa sebagai konsumen kafe terhadap produk perikanan yang sering dijumpai di kafe yaitu fish and chips dan paling sedikit dijumpai yaitu scallop dan calamari. Sedangkan alasan tertinggi jarang terdapatnya produk perikanan di kafe dikarena kurangnya pengetahuan atau belum familiar dengan produk olahan perikanan dan terendah yaitu alergi. Serta untuk produk perikanan yang sangat diterima pada menu kafe kedepannya yaitu nugget ikan dan paling rendah scallop. Saran untuk kedepannya yaitu untuk lebih memperkenalkan produk olahan perikanan beserta diversifikasinya secara luas terutama pada lingkungan kafe. Sehingga kedepannya produk olahan perikanan dapat lebih diminati oleh masyarakat indonesia.
English Abstract
Processed fish products are one of the comparative and competitive advantages that we have as a food with a high source of animal protein. However, the reality is that the Indonesian people's consumption of fishery products is still relatively low. In fact, efforts to increase the consumption of fishery products will provide a multiplier effect. One of the efforts to increase fish consumption is by diversifying fishery products and the government, social activists and students who often carry out campaigns or outreach about eating fish. The purpose of this study was to determine the perspective of students as cafe consumers on fishery product menus. This research was conducted for 18 days from 13 - 31 March 2023 to 300 student respondents who were cafe consumers. The method used in this research is descriptive qualitative method. The procedure in this study consisted of several stages. The first stage is to create questions that will be asked to respondents. Then create a Google questionnaire with a list of questions that have been made. After that, the distribution of Google questionnaires was carried out to 300 respondents, which would then be carried out by collecting data and processing data. The data testing method used is the method of testing variance (ANOVA) where if there is a significant effect, it will be followed by Duncan's test with SPSS 24 Software. The results of this study indicate that gender is significantly different from the frequency of going to cafes, while age is not significantly different from the frequency of respondents going to cafes. And also the results of this study indicate that gender is not significantly different from the budget spent by respondents. while age is significantly different from the budget spent by respondents when in a cafe. As for the perspective of students as cafe consumers, fish and chips are often found in cafes and the least common are scallops and calamari. While the highest reason for the rare presence of fishery products in cafes is due to lack of knowledge or not being familiar with processed fishery products and the lowest is allergies. As well as for fishery products that are highly accepted on cafe menus in the future, namely fish nuggets and scallops, at least. Suggestions for the future are to introduce more processed fishery products and their wider diversification, especially in the cafe environment. So that in the future processed fishery products can be more attractive to Indonesian people.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080203 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 01:54 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 01:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202985 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raka Aditya Hernando.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |