Pengaruh Digital Marketing dan EIectronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung ke Jakarta Aquarium pada Era New Normal

Jessica, Rachel and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi, MBA, MP (2023) Pengaruh Digital Marketing dan EIectronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung ke Jakarta Aquarium pada Era New Normal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi COVID – 19 merupakan suatu fenomena terjadinya penyebaran virus yang menyebabkan terjadinya penurunan pada sektor ekonomi pariwisata. Sektor industri pariwisata adalah salah satu sektor yang terkena dampak dari adanya pandemi covid-19. Terbatasnya aktivitas masyarakat diluar ruangan membuat banyak sektor pariwisata menurun hingga tutup. Oleh karena itu media sosial menjadi sebuah solusi guna meningkatkan kembali tingkat wisatawan pada sektor pariwisata. Dengan adanya media sosial dapat memudahkan masyarakat daIam mencari informasi mengenai sebuah wisata yang nantinya akan menimbulkan minat serta keputusan daIam berkunjung. PeneIitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh digital marketing terhadap keputusan berkunjung, eIectronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung, peran minat berkunjung memediasi hubungan digital marketing terhadap keputusan berkunjung serta peran minat berkunjung memediasi hubungan eIectronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung. PeneIitian ini dilaksanakan selama Januari – Februari 2023 di Jakarta Aquarium dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan daIam peneIitian ini berjumlah 130 orang yang pernah melakukan kunjungan ke Jakarta Aquarium daIam kurun waktu satu tahun terakhir dengan kriteria minimal 17 tahun serta pernah melihat promosi Jakarta Aquarium di media sosial. Adapun anaIisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta anaIisis deskriptif. HasiI dari peneIitian ini menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung baik secara Iangsung maupun meIaIui mediasi Minat Berkunjung, EIectronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung baik secara Iangsung maupun meIaIui mediasi Minat Berkunjung dan Minat Berkunjung berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Hal ini menunjukkan bahwa strategi promosi menggunakan sosial media merupakan cara yang efektif guna meningkatkan Kembali tingkat kunjungan wisatawan. Pada peneIitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan modeI yang sudah ada dengan rentang waktu yang lebih luas serta menambahkan variabeI lain terhadap pengaruh keputusan berkunjung. Saran bagi pengelola wisata adalah agar terus mempertahankan serta mengembangkan pemasaran menggunakan sosial media guna meningkatkan tingkat wisatawan ke Jakarta Aquarium.

English Abstract

The COVID – 19 pandemic is a phenomenon of the spread of a virus which causes a decline in the tourism economic sector. The tourism industry sector is one of the sectors affected by the COVID-19 pandemic. Limited outdoor community activities have made many tourism sectors decline until they close. Therefore, social media is a solution to increase the level of tourists in the tourism sector. The existence of social media can make it easier for people to find information about a tour which will later generate interest and decisions in visiting. This study aims to determine the effect of digital marketing on visiting decisions, eIectronic word of mouth on visiting decisions, the role of visiting intentions mediate digital marketing relationships on visiting decisions and the role of visiting intentions mediate eIectronic word of mouth relationships on visiting decisions. This research was conducted from January to February 2023 at the Jakarta Aquarium using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study was 130 people who had visited the Jakarta Aquarium in the past year with a minimum age of 17 years and had seen promotions for the Jakarta Aquarium on social media. The data analysis used is by using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study indicate that Digital Marketing has a significant effect on Visit Decisions both directly and through mediation of Visit Interests, EIectronic Word of Mouth has a significant effect on Visit Decisions both directly and through mediation of Visit Interests and Visit Interests have a significant effect on Visit Decisions. This shows that the promotion strategy using social media is an effective way to increase the return of tourist visits. In future research, it is expected to develop existing modeIs with a wider time span and add other variables to the influence of visiting decisions. Suggestions for tourism managers are to continue to maintain and develop marketing using social media to increase the level of tourists visiting the Jakarta Aquarium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080197
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:21
Last Modified: 15 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202970
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rachel Jessica Navelina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item